Akhirnya tepat tanggal 11 Desember kemarin aku bersyukur bisa menginjak umur 22 tahun. umur yang sangat matang. menurutku sendiri umur inilah umur dimana kamu akan memulai kehidupan yang baru setelah menempuh pendidikan dari SD hingga perguruan tinggi. umur ini juga adalah lembaran baru kehidupan yang sesungguhnya baru akan segera tertulis.

Di umur ini juga aku ingin menciptakan Resolusi-resolusi baruku untuk lebih baik daripada sebelumnya serta beberapa target Goal yang harus bisa segera ku penuhi. sudah saatnya untuk lebih serius menjalani kehidupan. lalu apa saja sebenarnya 11 Repair and 11 Goal ku pada umur 22 tahun ini :

11 Perbaikan Diri

Perbaikan diri menjadi point terpenting dalam hidup. aku menilai sebenarnya perbaikan diri itu sangat perlu dilakukan oleh setiap manusia untuk menuju yang lebih baik. mungkin beberapa percaya bahwa sifat dasar manusia tidak dapat di ubah, namun aku justru meyakini hal yang kurang baik dalam diri bisa dibuat lebih baik jika ada kemuan. lalu inilah list yang harus aku perbaiki mulai dari saat ini :

1. Tingkatkan Produktivitas. 

Produktifitas seseorang bagiku ialah hal yang paling terpenting kalau ingin sukses. bagaimana tidak, mereka yang sukses pada waktu muda memiliki daya produktivitas yang tinggi. jadi titik beratku untuk hal ini ialah meningkatkan produktivitas lebih dari 100%. angka yang tinggi, cuma aku udah paham untuk meningkatkan produktivitas yaitu dengan Cheklist Sistem

2. Banyak Baca

Bill Gate, Mark Z., dan tokoh-tokoh hebat dunia lainnya bahkan dapat menylesaikan membaca buku hhanya dalam waktu 2 minggu. lalu berapa buku yang mereka selesai baca dalam setahun ? padahal 1 buku itu rata-rata ditulis oleh penulis yang punya pengalaman lebih dari 20 tahun dari bidangnya. jadi gak usah berumur 1 abad untuk mendapatkan ilmu hebat, cukup menylesaikan minimal 5 buku saja maka kamu bakalan punya ilmu melebihi orang hidup satu abad. itu filosofiku terhadap buku yang diterinspirasi oleh mereka yang luar biasa. jadi banyak baca akan ku lakukan setiap waktu sesempit apapun dan dimanapun.

3. Rajin Olahraga

Ayahku Meninggal akibat serangan jantung yang diawali oleh tekanan darah tinggi pada saat itu. bagaimana tidak, beliau jarang sekali berolahraga. nah dari kejadian itu aku tidak ingin anakku dan cucuku mengalami rasa kehilangan. walau umur sebenarnya sudah ditentukan olehNya, namun  tidak ada salahnya untuk memulainya dengan baik sejak dini.

4. Pray More

Ridho dari Allah SWT mengantarkan segalanya dari setiap doa yang kita lakukan dimanapun kapanpun kita berdoa. aku ingin lebih mendekatkan diri lagi denganNya saat ini. karena aku ingin lebih merasa tenang dalam batin dan jiwa.

5. Banyak Ketemu orang Hebat

Ada pepatah mengatakan bahwa jika ingin menjadi emas, banyaklah berada ditambang emas. namun kalau ingin menjadi tembaga, beradalah ditambang tembaga. dari pepatah itu aku jadi melihat bahwa faktor lingkungan sangatlah penting untuk menempa seperti apa kita akan menjadi. aku ingin lebih banyak bertemu dengan orang hebat diluar sana agar aku belajar bagaimana proses kehidupan menempa mereka sehingga menjadi orang hebat.

6. Explore More

Setelah 3 tahun lebih berkutat di akademis dan organisasi kampus mulu, saatnya buat mengetahui dunia disekitar sana. gak usah harus jauh. tapi lebih peka terhadap apa yang terjadi disekitar kita. bukan melalui layar kotak yang selalu kita genggam melainkan langsung melalui kedua mata. kalau sosok yang menginspirasi untuk ini ialah Keenan Pearce. dia cocok Explorer yang patut di contoh.

7. Ngak Wacana

masalah terbesar untuk kaum milenials yang penuh dengan ide ialah Wacana. kalau wacana bisa diukur oleh penelitian atau apps smartphone maka berapa banyak ide yang hanya diwacanakan dan sedikit yang diwujudkan. maka dari itu duta anti-wacana harus ditanamkan didiri masing-masing. menurutku kuncinya ialah logis dalam membuat ide dan totalitas komitmen wujudkan ide. mari menjadi pemuda lebih baik dengan anti-wacana.

8. Tingkat kan kualitas Money mannagement

Udah semakin tua, semakin harus pintar juga ngatur uang. masih kuliah dan udah mau lulus aja masih sering banget kebobolan alias bocor pengeluaran. padahal udah ditekan setekan mungkin. inilah potret kalau pengeluarkan primer lebih banyak daripada income. jadi harus mulai rajin ngatur uang dan mengalokasikan. turunin gengsi, jangan sampai jadi kaum Miskin Urban jaman ini. ada aplikasi juga sih yang sedang aku pakai untuk ngatur uang namanya money lover. cuma masih vakum karena nunggu versi lengkapnya dulu.

9. Wake up early

Bangun pagi itu selalu jadi masalah setiap orang. ya mau gimana lagi, susah juga kalau gak ada yang bangunin. pakai alarm macem-macem bentuknya tetep aja tidur kalau namanya masih ngantuk. terkadang permasalahannya ialah karena rata-rata jam tidurku itu jam 11 sampai 12 malam. alasannya karena jam segitu ialah jam produktif nugas. padahal sebenarnya tidur jam segitu gak sehat dan jadi alasan utama susah bangun. jadi harus mulai membiasakan jam tidur maksimal ialah jam 11 sama mengubah jam produktif ke siang hari dan antara jam 8 hingga jam 10. demi kebaikan kesehatan dan bangun pagi yang lebih baik

10. Healty Food and Drink

sebagai anak kos yang udah 3 tahun di kos-kosan juga susah untuk milih-milih makanan yang sehat. karena terkadang anak kosan cuma mentingin murah kenyang mayan enak, tanpa mikirin gizi. jadi kedepannya lebih pengen banyakin makan sayur daripada telor, sama beli jus daripada beli kopi.

11. Lebih Rajin Nulis

ada quote mengatakan bahwa “Menulis adalah berkeja untuk keabdian” jadi aku pengen lebih banyakin nulis untuk kedepannya. dan belajar juga agar nulisnya enggak ‘cenggeng’, karena terkadang sebagian orang terlalu mikir mood sama tempat buat nulis. padahal nulis itu katanya Raditya Dika itu apapun kondisimu, kalau harus nulis ya nulis aja.

 

11 Goal 

setelah 11 point penting dalam perbaikan diri, selanjutnya ialah berbagai goal yang harus aku kerjakan dan targetkan pada umur

1. Lulus Kuliah

Lulus kuliah hukumnya WAJIB. ini harus segera di wujudkan kerena akan berpengaruh di berbagai lini kehidupanku bahkan kalau semisal sampai telat akan mengancam berbagai kesempatan-kesempatan emas lainnya. jadi fokus terhadap skripsi ialah suatu keharusan yang mutlak.

2. Dapat Kerjaan Sesuai

Pekerjaan pertamaku akan mengantarku kepada dunia yang sesungguhnya. ya fresh greduate akan mengalami masa-masa yang berat namun mengasyikan. targetku sih ingin banget masuk di program Managemen Trainne di perusahaan maskapai kebanggaan Indonesia, Garuda Indonesia. ya itu cita-cita dan impian yang besar. namun sesungguhnya apapun kerjaannya besok, semoga sesuai dengan passion dan harapan.

3. Nulis Buku

Ini adalah target yang miss pada tahun 2016 ini. ternyata banyak kepentingan lain yang menganggu untuk menylesaikannya. tapi sesungguhnya semua dapat kita selesaikan apabila produktif dan anti mager. beberapa waktu yang lalu aku membaca vlog Raditya Dika mengenai quote yang mengubah hidupnya diantaranya ialah “menulis itu gak boleh cenggeng” dan “karya pertama akan selalu jadi darft”. kedua kuote itu yang menyemangatiku untuk kembali menulis. ya selain menulis skripsi tentunya.

4. Memahami Al-Quran

Al-Quran merupakan kitab suci yang hukumnya Wajib untuk dipahami dan diamalkan. umur orang tidak akan ada yang tahu ia akan diijinkan untuk tinggal didunia berapa lama. tapi keinginan ku aku harus memahami Al-Quran semasa hidupku. bukan hanya bekal di Akhirat, melainkan juga pedoman untuk hidup.

5. Pergi ke Luar Negeri 

Merasakan negeri selain Indonesia masih menjadi goal besar dalam hidupku. katanya, kamu akan merasakan Indonesia setelah pergi dari Indonesia. selain itu aku ingin melihat juga bahwa diluar sana dunia seperti apa. kalau soal target sih tentu semua benua ingin ku singahi dan jelajahi. apapun negaranya besok aku akan bersyukur jika Allah mengijinkan.

6. Fluent English

Bahasa Inggris menjadi keharusan untuk meningkatkan kualitas serta memenangkan kompitisi di dunia kerja. maka dari itu upgrade level bahasa Inggris tentu juga target ku kedepannya. ya walaupun sering mager, cuma aku belajar mulai dari membaca artikel serta mendengarkan video-video berbahasa Inggris. kalau sempat juga jadi guide turis, yang paling susah ialah membiasakan menulis memakai bahasa Inggris. cuma ini goal dan harus segera di selesaikan.

7.  Punya Investasi Saham

Saham merupakan salah satu sarana investasi yang sebenarnya tidak seberesiko yang ada dalam pikiran kita. bahkan apabila mengerti bagaimana ilmu nya mengenai investasi di bidang ini, hasil yang diberikan lebih besar daripada kamu buat deposito. lagipula kalau mengingat umur bahwa aku masih belum memiliki tanggungan hidup alias anak jadi untuk mencari pengalaman dalam membuat saham ini masih sangat memungkinkan.

8. Sukses ngeBlog Lagi

Pada dahulu kala ketika aku SMA aku berhasil menciptakan suatu blog yang pengunjungnya perhari bisa mencapai 4000 lebih pengunjung. dimana itu sangat banyak sekali buatku. nah aku ingin membuat masa kejayaan itu datang lagi dan lebih besar. percaya ngak percaya, ternyata usaha ngeblog itu adalah salah satu instrument investasi yang orang jarang ‘ngeh’ sama yang satu ini.

9. Lebih banyak Award

secara keseluruhan award yang ku dapetin di perkuliahan bisa dikatakan lumayan, ya walau masih belum begitu banyak seperti orang-orang high achiver, namun aku masih ingin menambah penghargaan di berbagai bidang khususnya dunia marketing. sekalian jadi bounty hunter.

10. Income diatras 10juta

Penghasilan menjadi salah satu goal ku. untuk jaman saat ini sebenarnya mendapatkan sekitar lebih dari 5 juta cukup untuk hidup sendiri dan nabung. mumpung belum punya tanggungan juga kan. namun aku ingin lebih banyak mempersiapkan untuk kedepannya. terutama untuk menjamin keluargaku, ibu, dan adik-adikku merasa cukup. jadi setelah kuperhitungkan aku ingin mengejar target income diatas 10 juta diusia senja fresh gred. yawalaupun aga ngelantur alias penghasilan itu biasanya didapetin di usia yang lebih tua alias senior, cuma aku percaya bisa untuk mencapainya.

11. Punya Calon Istri

Terakhir aku ingin menemukan sosok wanita yang tepat untuk mendampingi ku hingga kami berpindah dunia. sudah 4 tahun ini aku mencari sosok wanita yang sesuai, cuma Tuhan belum mengijinkanku untuk menyatukannya. mungkin udah ketemu tapi belum sadar, atau memang belum bertemu. aku percaya sih pasti cepat atau lamban kami akan bertemu. namun ini juga menjadi goalku. untuk memaksaku untuk lebih serius juga.

jadi itulah yang akan menjadi aku banyak lakukan untuk mengawali usia ku di angka 22 tahun. lembaran baru akan segera dibuat, dan semoga ini menjadi awal dari arti nama “SANJAYA” yang sesungguhnya. semoga untuk yang membaca ini, kita bisa menjadi lebih baik dan meraih apa yang kita impikan. aamiin..