Pada beberapa waktu yang lalu ketika aku mengunjungi LinkedIn, aku menemukan salah satu share yang sangat menarik buatku. Artikel tersebut berjudul “5 Practical Ways to Increase Your Emotional Intellegence” yang ditulis oleh Jordan Gray. Bagiku memang sejauh ini manusia berfokus pada kecerdasan intelektual dan melupakan kiecerdasan emosional mereka. Padahal menurut penelitian orang yang bisa sukses ialah orang yang lebih pandai secara emosional.

Dalam artikel ini aku ingin mencoba untuk mengartikannya dalam bahasa Indonesia agar lebih mudah untuk dipahami. Sekalian untuk aku belajar bagaimana implementasi dari artikel tersebut.

Penulis mengemukakan bahwa kecerdasan Emosional dibagi menjadi  beberapa bagian kecil untuk mudah dipahami yaitu : Self-Awareness ( Kesadaran Diri ), Self-Management ( Managemen diri ), Social Awareness ( Kesadaran Sosial ), Relationship Management ( Managemen hubungan ). dari keempat tersebut dapat di deskripsikan secara singkat yaitu :

  • Kesadaran Diri, merupakan menyadari emosi diri sendiri dari waktu ke waktu, dan memahami bagaimana emosi mempengaruhi pikiranmu dan pilihan perilakumu.
  • Managemen Diri, merupakan kemampuan untuk menggeser, mengelola, dan menekan emosi dari dirimu bila diperlukan.
  • Kesadaran Sosial, merupakan kesadaran dalam hubungan emosi dengan orang lain
  • Managemen Hubungan, mengetahui bagaimana mengembangkan dan mempertahankan hubungan pribadi yang sehat dengan orang lain.

Mengapa harus meningkatkan kecerdasan emosional ?

Sebenarnya jika kita memiliki kecerdasan emosional yang tinggi maka akan mendatangkan berbagai keuntungan. misalnya ialah meningkatkan kesehatan fisik dan mental, menaikan kualitas kerja, serta hubungan dengan orang lain.

Selain itu dijaman teknologi yang serba modern ini, sesungguhnya kecerdasan emosionallah yang lebih dibutuhkan daripada kecerdasan intelektual. hal ini karena teknologi juga berpengaruh terhadap turunnya kualitas kecerdasan emosional apabila tidak pandai dalam mengolah dan memanfaatkannya.

Kecerdasan emosional sendiri faktanya tidak dipengaruhi dari faktor lahir. misalnya seseorang terlahir memiliki kecerdasan emosional yang rendah. pasalnya kecerdasaan emosional dapat ditingkatkan apabila orang tersebut mau untuk meningkatkannya.

Lalu berikut ini merupakan 5 cara untuk meningkatkan kecerdasan emosional :

1. Tenang dan rasakan perasaanmu

Terkadang ketika perasaan kita tidak menentu, emosional, dan sulit untuk dikendalikan maka respon yang biasanya dilakukan ialah menghindarinya dengan berbagai kegiatan atau kesibukan. sebenarnya hal itu tidak akan membuat kamu merasa lebih baik.

Jika perasaan cemasmu muncul, maka rasakanlah bawha memang kamu cemas. kalau kamu merasa ingin menangis, menangislah.  duduk atau relax dan cobalah bertanya pada dirimu sendri apa yang sebenarnya sedang terjadi pada dirimu sekarang. biarkan perasaan dirimu mengatakannya. berdialoglah dengan perasaanmu sendiri.

tenangkan diri ialah salah satu cara terbaik untuk cara terbaik untuk meningkatakan emosi terhadap kesadaran diri.

2. Belajar untuk mengurangi emosi negatif

Kamu udah pernah mengalami stres ? ya pasti pernah. tapi apakah kamu tau apa itu stres ? perasaan yang memang selalu hadir dalam hidup kita yang sesungguhnya kita sendiri susah untuk memahami mengenainya.

sederhananya, stres adalah akumulasi dari perasaan negatifmu. perasaan frustrasi, kesedihan, kekecewaan, kemarahan, atau kembencian, itu semua tertumpuk menjadi satu sehingga menyebabkan stres.

berbagai perasaan tersebut akan membuatmu susah untuk memahami dirimu yang sesungguhnya. maka hindarilah berbagai perasaan tersebut. isilah dengan berbagai pikiran yang positif.

3. Komunikasikan kegelisahan emosimu kepada orang yang terpercaya

Akan ada saatnya bahwa dirimu sendiri tidak bisa memahami emosi yang ada dalam diri walau telah berkali-kali memahami. perasaan tersebut akan membuatmu bingung dan tidak bisa mengontrol diri sendiri dengan baik.

pada saat hal tersebut terjadi maka cobalah mencari teman yang terpercaya untuk menerima segala curhatanmu mengenai perasaan tersebut. luapkan semua perasaan yang kamu rasakan pada saat itu. orang tersebut mungkin dapat memberikan solusi yang baik terhadapmu, atau jika tidak setidaknya kamu telah berbagi perasaan tersebut kepadanya dan akan memperingan perasaan tersebut.

4. Observasi reaksi internal atau externalmu terhadap orang lain

Cara sederhana yang dapat meningkatkan kecerdasaan emosionalmu ialah dengan cara sadar terhadap reaksi orang lain terhadap dirimu. kemudian biarkan reaksi tersebut menginformasikan terhadap bagaimana cara untuk menanggapinya.

Misalnya perhatikan apabila kamu marah terhadap seseorang karena mungkin dia terlambat, sering berkata kasar, atau tidak sopan. selanjutnya diam dan perhatikan emosi dari orang tersebut. perhatikan ketika kamu memperlihatkan sifat yang berbeda terhadapnya reaksi apa yang akan dia lakukan terhadapmu.

dengan memahaminya kamu akan lebih memahami bagaimana cara mengendalikan emosimu menghadapi untuk orang lain yang melakukan hal sama.

5. Belajar untuk percaya diri dari waktu ke waktu

Untuk meningkatkan kecerdasan emosional memang membutuhkan waktu. kamu sesungguhnya sedang belajar untuk percaya diri dan memahami penilaianmu tentang realitas emosional, dan realitas lain.

Terbukalah terhadap setiap masukan dari orang lain terhadap dirimu, akan tetapi jangan mempercayai seutuhnya karena masukan dari orang lain juga belum tentu benar. Jika memang menurutmu masukan dari orang lain salah juga jangan paksakan untuk menermimanya. Pada akhirnya, kamu belajar untuk mempercayai diri lebih dan merasakan apa yang kamu rasakan adalah benar.

Meningkatkan kecerdesan emosional membutuhkan waktu

Pada dasarnya, kecerdasan emosional ialah memahami kesadaran dalam diri. memang proses ini akan membutuhkan waktu lama daripada meningkatkan kecerdasan intelektual. namun pada akhirnya lambat laun setelah dewasa akan ada perbedaannya dalam kecerdasan emosionalmu terhadap orang lain.

Karena sejak awal kita duduk dibangku sekolah, cara untuk meningkatkan kecerdasan emosional tidak pernah diajarkan. pembelajaran untuk meningkatkannya sesungguhnya ialah proses seumur hidup.

Untuk melihat artikel aslinya dapat diakses di 5 Practical Ways to Increase Your Emotional Intellegence