Pada awal July 2017 lalu karena suasana masih di liburan lebaran dan mumpung masih banyak sodara yang datang akhirnya memutuskan untuk pergi dadakan ke salah satu detinasi travelling di sekitar Jogja yang tergelong masih baru atau belum lama-lama amatlah ngehits nya. Air Terjun Sri Gethuk menjadi destinasi kali ini untuk dicoba dan dirasakan. katanya banyak sekali pesona yang ada di air terjun tersebut. apa saja ? Scroll down to more know.

1. Green Canyonnya Gunungkidul

Air terjun Sri Gethuk atau biasa dikenal masyarakat sekitar dengan air terjun Slempret terletak di Dusun Menggoran, Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Tepatnya di aliran sungai Oya. karena terletak di Gunungkidul yang struktur tanahnya kebanyakan terdiri dari batuan kapur atau krast. hal ini menyebabkan warna sungai cenderung berwarna hijau sehingga mirip dengan Green Canyon. untuk menikmatinya kalian juga bisa menyusuri aliran sungai Oya mengunakan rakit yang disewakan pengelola wisata. Tinggi air terjun sendiri berkisar 10 meter. kemudian sungai yang sebagai lokasi untuk berenang memiliki kedalaman sekitar 3 hingga 5 meter.

2. Akses yang Mudah, Nyaman, Aman

Akses menuju air terjun Sri Gethuk terbilang mudah, aman, nyaman. Jika kalian berangkat melalui Patuk atau jalan raya Jogja-Wonosari maka pada saat perempatan bekas lapangan penerbangan Gunungkidul kalian ambil kanan jalan ke jalan Tumpak Playen. setelah itu belok kanan lagi untuk ambil jalan Pleyen Dlingo. Aspal di jalan ini sangatlah luas dan halus. Buat kalian yang pergi kesini mengunakan jalan mobil, jalan ini sangat di rekomendasikan. jalurnya lebih landai dan aman walau cukup memakan waktu. selain itu ada beberapa jalan lainnya seperti melalui Imogiri satu arah dengan jalan menuju ke Hutan Pinus Imogiri yaitu jalan Imogiri-Dlingo. bagi yang mengunakan sepeda motor bisa juga mengambil alternatif melalui jalan Pleret.

Waktu yang ditempuh minimal satu setengah jam jika dari Jogja. tergantung dengan kecepatan berkendara dan kondisi jalan. Yang masih bingung jalannya disarankan pakai Google Maps karena tempat ini telah terindeks oleh Google Maps. di jamin aman selama sinyal masih ada.

3. Dari Berenang, Bertapa, sampai Clift Jump ada

Di Air Terjun Sri Ghetuk ini kalian bisa melalukan berbagai hal yang belum pernah kalian coba atau rasakan. ada beberapa pilihan seperti halnya berenang di Green Canyon atau sungai hijau. pasti menjadi pengalaman yang susah di jumpai di objek wisata lainnya. selain itu buat yang ingin bertapa di dibawah air terjun juga bisa dilakukan disini. yang paling seru diantara semuanya adalah melakukan Clift Jump atau lompat dari tebing. ketinggiannya bisa pilih antara 1 meter atau 4,5 meter. Pengalaman pribadi pertama Clift Jump sangat menyenangkan dan rekomended.

4. Fasilitas Lengkap

Fasilitas di objek wisata ini juga lengkap, berbagai hal tersedia disini seperti halnya pelampung untuk berenang, baju ganti, kapal untuk membantu para wisatawan menyebarangi sungai, toilet dan ruang ganti, dan yang terpenting tempat makan untuk mengisi perut lapar tersedia berjejer-jejer. pokoknya lengkap.

5. Murah Meriah

Jika teman-teman wisata ke Gunungkidul tenanglah. kantong-kantong kalian di jamin aman dan tidak seboros apabila bertamasya atau treviling di tempat lain. sudah teruji kemurahannya alias aman di kantong. Tiket masuk ke Air Terjun Sri Gethuk yaitu 10 ribu per orang. selain itu biaya parkirnya permotor yaitu 5 ribu rupiah. kemudian jika temen-temen ingin melewati sungai Oya mengunakan kapal temen-temen cukup membayar dengan harga 10 ribu rupiah perorang pulang pergi. jika tidak temen-temen bisa jalan ke arah air terjun untuk menghemat 10 ribu. selain itu penyewaan pelampung juga tersedia disini yaitu 10ribu rupiah perpelampung. jika jajan disini gak usah kwatir akan mahal atau di naikkan penjual. harga sudah tertera di depan warung. dari seribuan hingga dua puluh ribuan. murah bukan ?

Pada saat kesini aku pribadi hanya mengeluarkan uang sekitar 80 ribu rupiah untuk dua orang. jadi buat yang mau hemat bawa 50 ribu sudah cukup sebenarnya. hebatnya, uang yang temen-temen keluarkan sepenuhnya akan diperuntukan untuk warga sekitar karena tempat wisata ini dikelola oleh warga sekitaran. jadi pantes murah dan bisa membantu perekonomian sekitar air terjun Sri Gethuk.

6. Mitos Raja Jin

Bagi temen-temen yang gemar aura mistis, Air Terjun Sri Gethuk ini konon kata warga sekitar disebut sebagai kerajaan jin alias makluk gaib. warga sekitar percaya bahwa raja dari jin tersebut bernama Anggo Menduro. Raja jin ini sangat menyukai musik gamelan. jadi buat kalian yang beruntung akan dapat mendengarkan suara gamelan yang indah tapi tidak dimengerti asal muasalnya.

oya catatan paling penting. Objek wisata ini dibuka dari dari pukul 07.00 WIB – 17.00 WIB. bagi kalian yang mau datang jangan datang terlalu sore karena beberapa fasilitas seperti kapal akan mulai berhenti beroperasi sekitar 16.30 WIB. hal tersebut juga berlaku pada pengunjung yang sedang berenang di sungai Oya.

Nah berikut merupakan ulasan singkat mengenai air terjun Sri Gethuk. dariku pribadi tempat ini sangat rekomended sebagai salah satu destinasi baru di Gunungkidul biar ngak cuma itu-itu aja. selain itu berbagai pengalaman seru dan baru juga terdapat di objek wisata ini. Sampai berjumpa di ulasan selanjutnya.

 

Indah hijau sungai Oya. Photo by : Reezky Pradata

Clift jump super seru. Photo by : Reezky Pradata

 

Credit featured image by : Soga Soegiarto in jogjabagustrip.blogspot.co.id & Retouch by : Reezky Pradata