Satu bulan yang lalu akhirnya salah satu wishlistku terwujud. Akhirnya terbeli juga drone yang sudah setiap hari disholawatin sambil dilihatin via video Youtube. Kenapa lihat Youtube ? Ya karena ini barang bukan barang yang murah, jadi perlu banyak riset dan memastikan bahwa kualitasnya oke banget untuk dibeli dan nilainya bisa memberikan banyak opportunity. Nah salah satu temenku tanya hal yang membuatku ingin menjawabnya dalam satu postingan ini.

Apa yang bikin kamu yakin buat beli Drone harga 16 juta ky ?

Setelah riset paling tidak 6 bulan lamanya, Aku menemukan 3 potensi yang bisa ku kerjakan selama 1 tahun kedepan dengan Drone yang kegiatannya tidak jauh dari hobi yang ku senengin saat ini dan kemungkinan balik modalnya besar. Apa aja ? Mulai dari.

1. Jasa Penyewaan Drone

Jasa yang paling kamu bisa mulai adalah jasa penyewaan Drone. Setelah riset, jasa drone itu masih sangat jarang sekali ada sebenarnya. Masih cukup banyak peluang jika kamu mau membuka jasa ini. Kalau kamu punya Drone kamu bisa menawarkan jasa Drone ke client dengan biaya sekali sewa berkisar Rp. 1.500.000 – 2.500.000,- perhari dengan kamu sebagai pilot tentunya. Kalau dapat satu kali sewa perbulan cukup lumayankan ?

Tips dariku adalah temen-temen bisa coba untuk bekerjasama dengan beberapa agency foto atau video untuk menjadi rekanan mereka dalam drone.

2. Jual Stock Foto

Investasi jangka panjang, Kamu bisa jual hasil memotret dari Drone untuk dijual disitus microstock. Kalau rajin perbulan menghasilkan 1.000 foto. Misal Penjualan sehari 10 foto drone dengan harga rata-rata $0.25 maka satu bulan dapat menghasilkan $75 atau Rp. 1.000.000+.

Kalau aku pribadi ngejar target tiap bulan dari drone harus bisa menghasilkan 400 foto. itu berarti dalam waktu satu minggu harus mendapatkan foto 100 foto. Ingat, ngga perlu tempat yang kereng-kereng. Kuncinya adalah dieksplorasi potensi sekitar yang dari angle view terlihat bagus.

Buat yang penasaran tentang stock foto aerial yang bagus bisa check di shutterstock.com/search/aerial+bali

3. Jual Stock Footage

Tak hanya foto, ini juga investasi jangka panjang lainnya kamu bisa jual juga video drone atau Footage kamu di Microstock. Misal setelah setahun menghasilkan 1000 stock footage yang menghasilkan 10 penjualan tiap bulannya dengan harga minimal $20/Footage maka satu bulan sekitar $200 atau Rp 2.800.000 + setelah punya 1000 stock.

Kalau kamu jual video footage dari drone, tipsnya adalah rekam dalam video paling prima. Misal dronemu dapat merekam hingga kualitas 4K, maka sebisa mungkin rekam dalam kualitas 4K. Semakin besar kualitas footagenya, maka akan semakin pula harganya.

Buat yang penasaran tentang stock foto footage aerial yang bagus bisa check di shutterstock.com/video/search/aerial-bali

Potensi Pendapatan dari Drone

Jadi kalau berapa potensi penjualan dari Drone perbulan ditahun kedua setelah semua jasa dilakukan ?

  1. Rp. 1.500.000 dari penyewaan Drone cukup 1x saja
  2. Rp. 1.000.000 dari penjualan Stock Photo cukup 100 foto saja
  3. Rp. 2.800.000 dari penjualan Stock Footage cukup 10 saja

Total potensi perbulan berarti Rp. 5.300.000/bulan Jadi Harga Drone sebesar Rp. 16.000.000 akan kembali dalam waktu 3 bulan ditahun keduaEnak bukan kalau semisal 3 rencana itu lancar tanpa ada halangan ? bisa dapat 1x lebih UMR Jakarta lho atau 2x UMR kota-kota kecil selain Jakarta.

Tatangan Mencari Uang via Drone

Tidak semudah itu Ferguso ! Akan ada banyak challenge untuk membuat plan berjalan dengan baik. Mulai dari..

  1. Waktu untuk belajar menerbangkan drone
  2. Mencari client dan meluangkan waktu 1 hari dalam satu bulan
  3. Riset stock foto dan footage aerial disetikar kita
  4. Waktu untuk ambil stock foto dan footage aerial yang memiliki potensi penjualan
  5. Waktu untuk editing dan jualan stock di berbagai platform Microstock
  6. Resiko drone kenapa-kenapa ketika diterbangkan
  7. Konsistensi melakukannya selama 1 tahun lamanya

Sebelum memutuskan beli aku udah paham challange ini yang sedang kuhadapi. Jujur dibulan pertama habis beli drone tujuan jualan itu masih belum bisa tercapai karena kesibukan kerjaan juga. Jadi aku bener-bener mulai perlahan dari cara belajar dulu, baru dikit-dikit jualan. Ngga langsung beli, terus 3 hal tersebut langsung dijalanin. Susah.. kecuali kalian emang udah mahir duluan dan sudah pernah punya drone sebelumnya.

Tatangan lain adalah menyesuakan teknik penjualan Footage di microstock. prosesnya sejujurnya lebih rumit. cuma harus dipelajari. pasti ada polanya dan kalau sudah ketemu polanya pasti akan terlihat mudah.

May the force always be with us.

Berikut ku kasih foto Dji Mavic Air 2 pertamaku setelah selesai di unboxing. Gila keren banget sih ini.

Dji Mavic Air 2

Tidak disponsori oleh Dji, tapi kalau mau sponsor juga boleh. Hehe..

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Reezky Pradata S*****a (@reezky11) pada