Instagram merupakan salah satu media sosial yang pada saat ini memiliki jumlah pengguna yang tak kalah banyak. Walau masih kalah dengan para pendahulunya seperti Facebook atau Twitter, akan tetapi jumlah pengguna aktif masih lebih banyak dibandingkan keduanya apalagi di Indonesia. Tak hanya sebagai media buat lihat foto idola atau mantan, Instagram kini juga menjadi sarana untuk mendapatkan rejeki baik dari endorse atau jualan online.  Salah satu syarat untuk mendapatkan rejeki dari Instagram ialah memiliki followers banyak serta likers yang banyak dalam satu akun. Akun-akun yang bisa mendapatkan followers lebih dari 5K ( 5000 ) dan rata-rata likers pada foto lebih dari 200 sudah bisa dikatakan sebagai selebgram. Apa lagi bila followersnya dapat melebihi 25K, ya pasti rejeki akan mudah didapatkan. Namun dengan syarat, baik followers atau likenya harus murni lho ya. Kalau cuma sekedar boot atau beli pastinya jarang ada orang yang mau ngendorse. Lalu gimana sih cara dapet likers banyak dalam satu foto ? kali ini aku sendiri akan berbagi tips buat kalian yang ingin punya likers banyak. Cara ini aku dapatkan setelah melakukan beberapa riset.

Upload pada Prime Time

Saran ini menjadi saran utamaku pada saat kalian ingin mengupload foto. Ya, Prime time alias waktu-waktu orang buka Instagram. Kalau kalian upload pada jam-jam ini maka akan sangat memungkinkan untuk mendapatkan likers banyak dalam satu foto. Dalam riset sederhanaku, waktu yang paling tepat untuk mengupload foto ialah pada saat pagi dan malam hari atau waktu bangun pagi dan sewaktu mau tidur. Berikut merupakan pembahasan singkatnya :

  1. 06.00 – 08.00 ( Pagi Hari ) | Ketika aku berkata pada temanku kapan waktu saat mereka membuka Instagram ialah pada saat pagi setelah bangun tidur. Tidak dapat dipungkiri pada saat ini banyak orang yang bangun tidur bukannya mandi melainkan cari hp dan buka medsos untuk lihat kabar-kabar pagi. Jadi waktu ini merupakan waktu yang tepat untuk mengupload foto. Saranku pribadi upload foto jam 6an, selain mendapatkan likers banyak, kamu juga dapat mengetahui siapa saja yang baru bangun.
  2. 20.00 – 22.00 ( malam hari ) | Pada jam segitu mungkin sebagian orang masih melakukan aktivitas. Tapi percayalah, riset sederhana yang kulakukan malam hari orang lebih banyak melakukan scroll timeline bahkan hingga timeline sore hari. Hal ini biasanya dilakukan sebagai pengantar tidur. Jam mau tidur juga merupakan jam-jam orang kepoin akun orang. Selain itu apabila kamu upload pada malam hari, maka kamu juga bakal dapet likers di pagi hari. Ingat pada saat  bangun tidur orang juga bakal scroll timeline Instagram mereka hingga pada timeline malam harinya. Aku pribadi biasanya mengupload pada jam 8 malam hingga 10 malam, namun rata-rata jam 9 malam karena menurutku itu jam paling prime time dalam satu hari. Jadi malam hari merupakan jam yang paling direkomendasikan buat kalian yang ingin dapetin likers banyak.

Namun, ada 2 waktu lagi yang memungkinkan kalian untuk mendapatkan likers yang cukup banyak. Jam-jam tersebut ialah pada saat istirahat makan siang dan jam pulang kerja. Jam-jam ini merupakan waktu yang tepat bila kalian memiliki circle instagram yang mayoritasnya ialah pegawai atau pekerja. Berikut merupakan pembahasan singkatnya :

  1. 11.30 – 12.30 ( jam makan siang ) | Melihat timeline Instagram pada saat jam makan siang dapat dikatakan sebagai bumbu penyedap makanan yang sedang disantap. Kebiasaan ini aku dapatkan setelah bertanya kepada beberapa teman yang telah bekerja. Mereka mengatakan jam makan siang menjadi salah satu jam mereka untuk melihat timeline pada akun Instagram mereka.
  2. 16.30 – 18.00 ( jam selesai bekerja ) | Jam-jam ini merupakan jam biasanya pegawai kantoran atau orang untuk beristirahat dan melakukan relaksasi. Salah satu kebiasaan mereka ialah melihat timeline Instagram. Hal ini sering ku perhatikan saat berada di sarana transportasi umum seperti KRL. Kebanyakan dari mereka melihat medsos mereka pada jam-jam ini untuk menghilangkan kejenuhan setelah seharian bekerja.

Namun walaupun cukup primetime, kedua jam tersebut tidak dapat menimbulkan efek continuitas seperti jam pada malam hari yang memungkinkan untuk mendapatkan likers di pagi hari. Lalu pada jam berapa kamu upload foto ?

Post Lebih di Hari Libur

Di hari libur seperti hari minggu merupakan hari dimana orang kebanyakan mager alias males gerak. Ketika hal itu terjadi manusia kebanyakan hanya akan berkutat pada smartphone mereka. Terlebih di jam-jam pagi atau malam hari. Jadi unggahlah fotomu kalau bisa atau memiliki stok foto yang cukup banyak pada hari-hari libur. 2 foto saja sudah cukup. Usahakan pada saat mengupload foto di jam-jam primetime atau jam-jam mager.

Hindari jam-jam Artis dan Akun Populer Upload Foto

Tak bisa dipungkiri setiap orang selalu mengikuti atau menfollow artis atau akun-akun lucu seperti dagelan dan lainnya. Ya merekalah akun-akun yang jarang mengunakan jam prime time tapi selalu memiliki like banyak, maklum artis. Selain itu mereka juga sering upload foto diantara pagi hingga sore hari, bisa jadi jam-jam tersebut membuat likers menjadi menurun. jadi diusahakan jangan mengupload foto ketika artis dan akun-akun populer sedang rajin upload foto dan video. Fotomu bakal tenggelam di timeline !

Sambungkan dengan Akun Medsos Lainnya

Pada saat proses terakhir kamu akan mengupload foto di Instagram, maka akan terdapat tombol share di akun media sosialmu lainnya seperti Facebook atau Twitter serta beberapa akun lainnya. Usahakan ketika kamu akan mengupload foto tidak ada salahnya apabila kamu menekan tombol share tersebut agar fotomu juga ikut muncul di akun media sosialmu lainnya. Dengan begitu circle mu yang akan di medsos lain akan melihat postinganmu. Memang belum tentu juga foto yang baru diupload di IG juga ikut di like, karena di Facebook memiliki fitur sendiri untuk like postingan dan fitur tersebut tidak terkoneksi dengan like di akun IGmu. Akan tetapi setidaknya dengan begitu, circle yang ada dalam medsos lainnya mengetahui bahwa kamu punya akun Instagram. Apabila mereka tidak mager, maka teman-teman di akun FB atau Twittermu tidak akan sungkan untuk menfollow dan mengelike akun dan postingan IGmu.

Lihat situasi circle mu 

Jika kalian lihat dalam panel notifikasi Insagram pada smartphone maka kalian yaitu “Aktivitas” maka akan diberikan dua pilihan menu yaitu “anda” dan “mengikuti”. Pada menu mengikuti maka kamu bakalan lihat siapa saja yang sedang online yang kamu follow. Apabila banyak teman kamu yang sedang online akan membantumu untuk menentukan kapan sebaiknya kamu upload foto. Semakin banyak yang teman kamu yang sedang online maka akan memudahkanmu untuk mendapatkan free like dari teman kamu.

Premium Foto

Bagaimanapun orang bakalan suka dengan foto yang memiliki kualitas luar biasa. Apabila kualitas foto yang diupload memiliki kualitas yang luar biasa, maka orang lainpun tak sungkan untuk memberikan free like atau like cuma-cuma ke foto anda. Untuk mendapatkan foto yang luar biasa memang memerlukan latihan dan keahlian. Kamu bisa cari dibeberapa akun-akun selebgram untuk mendapatkan inspirasi foto-foto yang bisa terbilang hits. Kamu juga bisa lihat tutorial cara membuat foto instagram keren di Youtube. Buat kamu yang memiliki akun onlineshop di Insgtagram, hal ini juga berlaku lho apabila kalian ingin punya likers yang banyak di postigan kalian. pasalnya beberapa kali aku mencoba untuk kepo akun onlineshop yang sering komen di postingan artis-artis, mereka tidak memiliki foto yang bagus mengenai produk mereka. Kecenderungan mereka juga cuma kopas dari toko sebelah yang jualannya sama. Layaknya Mall online, foto produkmu dengan penampilan ekslusif juga bisa meningkatkan likersmu lho. Bahkan hal tersebut juga meningkatkan kepercayaan terhadap produk yang kamu jual. Tips untuk melakukan foto produk dengan ekslusif bisa kamu cari di Youtube kok. Disana kamu akan dapetin tips bagaimana cara memfoto produk dengan mengunakan alat sederhana seperti smartphone.

Tag Lokasi Fotomu

Foto-foto di tempat hits ? jangan sampai lupa mentag foto kamu di lokasi hits tersebut. Ketika di tahap akhir mengupload foto kamu dapat mentag dimana lokasi foto kamu itu diambil di menu “Location”. Mentag lokasi foto dapat meningkatkan likers karena tidak dapat dipungkiri bahwa ketika berada di lokasi hits, orang-orang yang berfoto ditempat yang sama bakal mencari inspirasi lewat fitur “Search Photo Location” di fitur Instagram. Jadi akan ada kemungkinan foto kamu buat di like sama orang yang memiliki lokasi pengambilan foto yang sama dengan foto yang kamu unggah. Tapi ingat, dalam satu lokasi biasanya terdapat pilihan lokasi yang sama tetapi namanya yang berbeda. Semisal “Jalan Malioboro” sama dengan “Maliboro Street”. Nah cuma beda dinama tapi bisa mempengaruhi like kamu, Solusinya ialah chek dulu mana lokasi yang paling sering ditag orang ketika berada ditempat tersebut dengan fitur search location di Instagram. Setelah itu bakal kelihatan mana kiriman yang paling banyak antara kedua lokasi tersebut dan pilihlah lokasi yang paling banyak ditag. Oya kamu juga bisa memberikan hastag nama lokasi tersebut seperti #Maliboro atau #JalanMaliboro kalau kamu lagi males buat ngetag lokasi.

Buat Caption Semenarik Mungkin

Lemot, menjadi salah satu sebab orang males untuk menglike foto karena fotonya lama munculnya. Tidak dapat dipungkiri tak semua orang memiliki jaringan yang stabil dan kenceng walau di tempat Wifian sekalipun. Maka dari itu kamu untuk menghindari orang cuma lewati foto kamu yang sebenarnya bagus tapi tidak mau muncul di timeline orang, kamu bisa bikin caption foto semenarik mungkin untuk membuat orang menunggu fotomu hingga nampak di smartphone mereka. Bahkan apabila captionmu dianggap lebih menarik daripada foto kamu, ada kemungkinan juga buat kamu dilike tanpa peduli apapun foto kamu. Jadi usahakan semenarik mungkin buat membuat caption. Salah satu caption yang dapat kamu buat untuk membuat orang rela menunggu fotomu muncul ialah selalu awali caption dengan kata “inilah”. Contohnya “inilah pemandangan luar biasa dari surga tersembunyi di Indonesia”. kata “inilah” ini mengandung kekuatan untuk membuat orang kepo terhadap postinganmu. Atau kamu punya caption yang lebih menarik ? nah coba saja menemukan formula caption menarikmu sendiri.

Foto Kesukaan cewek dan cowok

Riset sederhana yang aku lakukan, kecenderungan ada beberapa foto yang mudah sekali mendapatkan like foto-foto tersebut merupakan foto yang banyak digemari oleh cewek maupun cowok. Namun keduanya memiliki kesukaan yang berbeda. bagi cowok , foto-foto yang disukai ialah foto yang memamerkan keindahan seorang wanita, entah muka, atau lekuk badan. Sedangkan cewek sendiri kecenderungan menyukai foto yang sangat trend, fashionis,  atau foto cowok yang ganteng atau pamerin badan. Gak percaya ? coba cari di menu “Jelajah Kiriman” di Instgram.

Gunakan Tema

Ketika kamu sedang stalking IG selebgram atau akun-akun populer, kamu bakal melihat satu unsur keindahan didalamnya alias akunnya enak buat distalking. Mereka sendiri selalu memiliki tema instagram yang sesuai untuk akun mereka sehingga akun tersebut menjadi stalkingable ( enak distalking ). Tips mudahnya ialah buat satu tema yang enak untuk personala instagrammu. Instagramku (@Reezky11 ) sendiri akhir-akhir ini kuberi nuansa cerah agar enak untuk dipandang ketika sedang dikepoin. Ini juga kelanjutan dan bersangkutan dengan tips sebelumnya yaitu premium foto.

Percaya Karma

Karma masih berlaku. Ya didunia ini karma memang berlaku bahkan untuk Instagram sekalipun. Untuk mendapatkan like yang banyak cara sederhananya ialah rajin-rajin atau murah ngelike foto orang lain. Niscaya beberapa akun yang kamu like bakalan ngelike kamu balik. Ya walaupun tidak semuanya bakal ngelike balik, tapi bermurah like lah kepada foto orang lain.

Berkomentar

Tak hanya murah like, tapi berkomentar juga dapat meningkatkan like foto kamu. Hal ini dikarekan rasa kepo masih menjadi sifat manusia, ketika ada yang berkomentar pada postingan fotonya maka tak jarang mereka akan mengunjungi akunmu dan melihat postingan fotomu. Jika memang dirasa bagus dan orang yang kepo tidak memiliki gengsi maka mereka tidak akan sungkan memberikan like pada fotomu kok. Bahkan apabila akun kamu memang memiliki kualitas foto yang premium dan mereka suka, mereka juga tak akan sungkan untuk menfollow akunmu. Tapi ingat, beri komentar yang positif. Jangan malah menjelek-jelekan atau berkomentar yang negatif dipostingan orang lain. Bisa-bisa di blok atau malah di laporkan ke polisi.

Tag Foto ke Akun Populer

Gak ada salahnya ngatag foto kamu ke akun-akun yang lebih banyak followersnya atau akun-akun yang tagable ( enak di tag ). Contohnya ialah akun OOTD alias Outfit of the day atau kamu juga bisa ngetag di akun-akun merk baju seperti Nike, GreenLight, atau merk lainnya. Akun-akun tersebut akan senang sekali jika kamu ngetag foto keren kamu ke mereka karena kamu memakai produk mereka. Jika kamu beruntung foto kamu akan direpost oleh akun mereka. dampaknya akunmu akan mendapatkan sumbangan like dan followers dari followers mereka.

Gunakan Hastag

Hastag merupakan salah satu cara yang cukup efesien untuk mendapatkan sokongan likers pada awal posting foto. Biasanya ketika mengunakan hastag, pada awal upload foto akan memberikan dukungan like cukup banyak. Hal ini karena ada beberapa akun yang dipasangin Boot untuk autolike dipostingan dengan hastag tertentu. Tergantung banyaknya hastag yang dipakai dalam satu foto. Akan tetapi bijaksanalah dalam mengunakan hastag. Pilihlah hastag yang memiliki kaitan dengan foto yang kamu unggah. Lalu jangan terlalu mengunakan banyak hastag. 10an hastag saja sudah cukup banyak dalam satu foto. Aku pribadi pada mengupload foto biasanya mencatumkan tema foto ( #Nature #OOTD ), kamera yang dipakai untuk mengambil foto (#Iphone5S #Canon70D ) , software yang digunakan ( #Instasize #Photoshop ), tempat yang digunakan untuk foto ( #Maliboro #Jogja ), dan beberapa hastag populer lainnya yang sering dipakai orang ( #ExploreJogja #ExploreJakarta ).

Sesekali Upload Foto Artis

Sebenernya ini salah satu cara yang aku dapatkan setelah beberapa waktu lalu mengupload salah satu foto artis dan mengetagnya di akun artis yang ku foto. Like nya bisa meningkat 2 kali lipat dibandingkan foto yang biasanya ku posting. Ternyata setelah ku selidiki kebanyakan yang like merupakan fans dari artis tersebut. Selain itu foto-foto yang sebelumnya di posting juga mendapatkan tambahan like. Maklum, biasanya fans penasaran dengan orang yang mengupload foto idolanya, jadi apabila memang memiliki foto artis jepretan sendiri tidak ada salahnya untuk menguploadnya,

Jangan di Privacy 

Hal yang paling penting apabila ingin meningkatkan likers pada postinganmu ialah jangan sampai akunmu di privacy. Sebab jika diprivacy maka postinganmu juga tidak dapat melihat apa yang kamu posting kecuali kamu kasih alamatnya atau ditag diakun orang. Terima kasih, semoga bermanfaat dalam membantumu buat mengenal bagaimana memahami Instagram. Jika memang kuota dan waktu memadai boleh kok share atau kasih masukan lewat kolom komentar dibawah ini. By : Reezky Pradata