Mulai dari membangun Ensiklopedia Hewan di Indonesia pertama kali dengan penghasilan $ 100 perbulan, Membangun website untuk berbagi dan meningkatkan kepercayaan donatur sehingga mendapatkan lebih dari 30juta, membangun website organisasi profesional yang mengintegrasikan 4 kota besar Indonesia, Membantu membangun website impian teman-teman, dan terkahir membuat E-Magz dan E-commerce dengan standar luar negeri. Tak lepas juga ku kasih tips, trick, rahasia dibalik website yang ku buat. Inilah kisahku, pengalaman ku dalam membuat website selama kurang lebih 5 tahun untuk membangun negeri bersama Domainesia sehingga menjadi  Seribu Satu Cerita Membangun Indonesia Mulai dari DomaiNesia.

Membangun Ensiklopedia Hewan Pertama di Indonesia 

Penghasilan $100 tiap bulan diawali pada 2012 lalu. Aku tercetus untuk membuat blog Zona Ikan Kita yang isinya mengenai dunia ikan yang isinya mengulik berbagai hal seperti bisnis dan hobi mengenai ikan hingga pengunjung sehari bisa mencapai 2000 pengunjung dalam seharinya. Jumlah yang begitu banyak membuatku untuk menganti alamat dengan domain sendiri yaitu ZonaIkan.com. Hingga aku putuskan membeli domain .com pertama kali di Domainesia berkat rekomendasi teman. Inilah awal mula aku memakai DomaiNesia dulu di tahun 2012. Saat pertama-tama memang agak takut dengan resikonya mulai dari turunnya pengujung sampai SEO bermasalah, Justru ternyata ketakutanku berbalik menjadi hal yang baik ketika aku berani mencoba. Pengunjung semakin meningkat hingga 3000an pengunjung perharinya dan kepercayaan pengunjung meningkat dilihat dengan jumlah like Fanspage FB hingga 4000 lebih.

Melihat kesuksesan ZonaIkan.com akhirnya tercetus untuk langsung membuat website Hewanpedia.com. Sewa domainnya tetep di DomaNesia karena pengalaman memuaskan sebelumnya. Hewanpedia juga berkembang pesat sehingga pengunjung dalam kurang dari setengah tahun sekitar 1500 pengunjung harian. Jika di gabungkan Hewanpedia.com dan Zonaikan.com dapat mencapai 5000-6000 pengunjung perharinya. Padahal pada saat itu aku memasang iklan dengan Popads.net dengan hitungan $0.5 – $1 tiap 500 pengunjung. Jadi jika dihitung bulanan penghasilanku bisa lebih dari $100. Kedua website tersebut juga menjadi kepercayaan masyarakat Indonesia dalam mencari referensi seputar dunia fauna. Ensiklopedia fauna pertama di Indonesia akhirnya terbentuk.

Namun karena aku harus cari kuliah, akhirnya kedua website itu tidak aktif. Hingga pada akhirnya 2015 aku memutuskan untuk membangun kembali dan mengabungkan dua website tersebut menjadi satu di Hewanpedia.com serta berpindah platfrom ke WordPress. Karena di WordPress membutuhkan self hosting akhirnya aku putuskan untuk menyewa hosting disuatu penyedia layanan. Namun banyak error dan layanan kurang baik akhirnya aku pindah ke DomaiNesia. Tak tanggung-tanggung aku mengawali langsung dengan kapasitas 2GB dengan biaya yang sangat murah yaitu 40ribu tiap bulannya. Pengalaman pindah hosting dengan DomaiNesia akhirnya membuatku semakin percaya dengan DomaiNesia.

Kini Hewanpedia mulai di bangun kembali dengan visi  kembali menjadi situs ensiklopedia milik Indonesia mengenai dunia Fauna. Aku percaya dengan situs ini akan berguna untuk para peternak, pembisnis, pemhobi, guru, siswa, dan seluruh masyarakat Indonesia hingga bisa jadi pendoman mereka untuk maju. Hal kecil namun berdampak besar itu bisa dilakukan melalui Website. Kunjungi situs Hewanpedia.com

Meningkatkan kepercayaan donatur lewat website  BklassAce

Balairungklass merupakan organisasi himpunan daerah mahasiswa Klaten yang kuliah di Universitas Gadjah Mada. Organisasi ini sudah memiliki umur lebih dari 20 tahun lamanya semenjak berdirinya pada tahun 1995 dengan dan memiliki lebih dari 1000 alumni yang telah tersebar di Indonesia bahkan luar negeri. Dari jumlah alumni yang begitu banyak akhirnya ada gagasan untuk menciptakan suatu wadah untuk mempersatukan alumni dengan wadah yaitu Balairungklass Alumni Center atau BklassAce. Dengan visi yang besar yaitu sebagai wadah silaturahmi dan kontribusi alumni untuk turut membantu dan membangun pendidikan di Indonesia.

Tatangan dalam BklassAce ini ialah bagaiamana membuat wadah yang baik untuk mengumpulkan mereka menjadi satu.  Akhirnya tantangan ini aku jawab dengan suatu gagasan website yang bisa menjadi wadah para Bklasser aktif serta alumni agar bisa bersatu didalamnya untuk berbagai ilmu. 2 bulan berusaha membangun website akhirnya website BklassAce.org jadi yang didalamnya terdapat berbagai fitur untuk banyak berbagi.

Setelah website menjadi lebih baik kami lebih dipercaya untuk terus mengembangkan BklassAce hingga akhirnya para alumni percaya menjadi donatur di Bklassace. Jumlahnya pada saat ini sudah melebihi dari 50 Juta rupiah jika dihitung total. Hasil donasi tadi kami telah memberikan 4 penerima beasiswa bantuan pendidikan yang kami kenal dengan Balairungklass Scholarship Program. Lalu kami juga telah meberikan bantuan alat pendidikan berupa laptop kepada salah satu anggota Balairungklass yang kurang mampu. Dokumentasi foto bisa di check di slider di atas. Kedepannya kami berharap bisa memberi lebih khususnya untuk Indonesia.

Bagi teman-teman yang penasaran menganai websitenya bisa dikunjungi ke BklassAce.org. Keseluruhan website dari domain dan hosting pasti kami percayakan ke DomaiNesia. Banyak sekali NGO seperti BklassAce yang juga mempercayakannya pada DomaiNesia. Sedikit informasi untuk website seperti BklassAce kami hanya menggunakan 750mb untuk hosting dan bentar lagi kapasitas tersebut akan penuh dan sudah saatnya di Upgrade. Karena website BklassAce menggunakan Hosting DomaiNesia, maka akan sangat mudah sekali untuk upgrade hosting di DomaiNesia. Bahkan temen-temen kalau mau update ditengah-tengah jangka waktu, Di DomaiNesia juga bisa memotong biaya upgrade sesuai perhitungannya. Jadi tidak harus membayar penuh paket upgradenya. Enak banget bukan ?

Kepercayaan donatur terhadap kami meningkat setelah website kami jadi sehingga kami bisa lebih banyak membantu dan berkontribusi pendidikan di Indonesia. Terima kasih Domainesia telah menjadi patner website kami.

Balairungklass Alumni Center

BklasAce.org

membangun ulang website profesional studentsxceos

Setelah selesai membangun website BklassAce ada tatangan selanjutnya di organisasi lainnya yaitu StudentsxCEOs atau SxC. StudentsxCEOs merupakan salah satu organisasi non profit yang bertujuan untuk mempertemukan para pemimpin dan pemimpin yang akan datang yaitu para pemuda seperti mahasiswa. Dengan memiliki 4 Chapter yaitu Jogja, Bandung, Jakarta, dan Surabaya dan bertemu dengan lebih dari 100 pemimpin perusahaan terkemuka seperti halnya Hasnul Suhaimi CEO PT XL Axiata, John Riady Director Lippo Group, dan berbagai CEO lainnya.

Namun SxC memiliki permasalahan yaitu pada media khususnya website. Website SxC sempat mengalami kesalahan pada urusan administratif sehingga seluruh data website kami hilang begitu saja. Sangat pilu melihat website SxC yang bangun sebelumnya hilang begitu saja. Akhirnya aku berinisiatif untuk memimpin pembuatan ulang website organisasi StudentsxCEOs.  Hingga saat ini website tersebut masih dibangun ulang dan kini yang sebelumnya website terbagi menjadi 4 aku integrasikan menjadi 1 website.

Untuk menghindari kesalahan yang sama, aku meyarankan untuk memindahkan baik hosting dan domain di DomaiNesia. Dengan pengalaman bekerja membuat website lebih dari 5 tahun bersama DomaiNesia saran ini akhirnya di setujui. Untuk pertama kalinya aku melakukan transfer domain dari luar DomaiNesia ke DomaiNesia. Proses transfer domain memakan waktu setidaknya satu minggu, Namun dalam prosesnya Domainesia selalu memberi kabar dan membantu prosesnya. Setelah proses transfer domain selesai, Akhirnya website StudentsxCEOs kini telah bisa diakses dan dilihat di alamat StudentsxCEOs.org .

StudentsxCEOs membangun website baru bersama Domainesia. Sesuai 3 pedoman StudentsxCEOs yang kami peggang yaitu Learn, Share, & Impact. SxC percaya bagian share dan impact ini bisa dilakukan melaui website. Seluruh kegiatan kami akan kami rilis di website, Kami berharap para pembaca dapat menemukan satu hal baru yang bisa membawa Indonesia maju nantinya.

Mewadahi Impian teman-teman untuk Memiliki Website sendiri

Dulu aku berharap bisa memiliki website sendiri agar seluruh ilmu dan pengalaman bisa kubagikan keteman-teman dan akhirnya impian itu terwujud. Aku membangun website sendiri yaitu di web ini atau Reezkypradata.com. Mulai dari website pribadi ini akhirnya beberapa teman ingin juga memiliki website sendiri. Sebagai teman pastinya aku bantu mereka untuk mewujudkan apa yang mereka inginkan. Karena aku percaya, jika kita membantu orang, kelak kita juga akan dipermudahkan urusannya. 4 temanku Joe Candra, Harry, Lintang, serta Samuel. Mereka memiliki tujuan masing-masing. Pada awalnya mereka bertanya mengenai seperti apa sih cara membangun website yang bagus. Aku ceritakan berbagai pengalamanku mengenai cara membangun website. Melalui proses diawal yaitu membangun konsep dan tujuan web hingga sampai implementasi dan perawatan. Aku juga menjelaskan mengenai 3 elemen penting dalam website secara singkat seperti :

  • Domain yang merupakan alamat atau identitas website.
  • Hosting ibarat gudang atau disk penyimpanan untuk semua data blog atau website seperti tulisan, gambar, video, dan berbagai script atau tools website. Keuntungan sewa hosting sendiri juga lebih membebaskan untuk berkreasi dengan berbagai alat website dan upload berbagai file.
  • SSL atau Secure Socket Server yang merupakan pengaman agar website susah untuk diretas dan semakin dipercaya oleh SEO Google.

Pada saat itu aku memberikan Tips untuk memilihHosting untuk pemula dan menentukan domain. Maka dari itu aku merekomendasikan untuk memilih paket yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan dan merekomendasikan urusan hosting dan domain kepada DomaiNesia untuk menjadi patner mereka membuat website Karena di DomaiNesia prosesnya sangat mudah dan cocok untuk jadi patner membuat website dari pemula hingga profesional.

Setelah itu beberapa temen tanya sehabis mereka bayar terus gimana ? lalu ku kasih link tips dari Domainesia mengenai Cara Membuat Website Sendiri. Nah dari situ mereka ngerti cara gampang bikin website plus tahu kalau ada salah satu keunggulan dari Domainesia bikin website tinggal klik yaitu Instant Deploy. Dengan Instant Deploy bikin web apapun mulai dari blog, website, forum, e-commerce, dan berbagai jenis website lainnya hanya dalam hitungan menit dan beberapa klik. mendengar dan menggunakan itu akhirnya respon teman-teman saat itu :

“wah gila ya, gue kira bikin website itu susah, ternyata udah ada fitur kaya gini sekarang”

Harry

Owners , Greans.Id

” Wah mantap, websiteku saiki lebih canggih rek. dulunya aku takut ky pindah domain dan ke wordpress, ternyata kalau semudah dan sesimpel ini aku percaya wes sama DomaiNesia, lagi pula murah banget juga dan akses mahaminya gampang.”

Joe Candra P.

Traveller & Writter, JoeCandra.com

“Tadi aku udah bayar di DomaiNesia mas, ternyata konfrimasinya cepet banget. ku kira bakalan lama ternyata udah ada sistem auto-confrimnya. Abis di bayar website ternyata langsung bisa di akses dan dibuat pada waktu itu juga. Canggih mas DomaiNesia.”

Samuel

Traveller & Videographer , samuelsilitongajr.com

” Woi kik ini udah ku tranfer dan ternyata langsung ke confrim coba. terus ini ada fitur instal website yang gampang banget di gunakan.”

Lintang Cahyaningsih

Profesional Public Relation, Lintangcahyaningsih.com

Impian Kedepannya Membangun e-magz dan e-commerce

Tak berpuas dengan pencapaian sebelumnya, aku ingin lebih memberikan kontribusi kepada negeri. Tercetus aku ingin membuat agency digital branding yaitu Cafeworking yang nantinya akan membantu para UKM, Start-up, Perusahaan, Perorangan untuk melakukan digital branding. Selain itu aku juga sedang menyedian satu portal baru Monolium.com sebagai portal para millenials untuk mencari inspirasi. Cita-cita kedepannya portal ini juga bisa menjadi E-magz terbaik di Indonesia mengenai gaya hidup dan inspirasi millenials saat ini. Saat ini aku juga sedang mengembangkan E-commerce yang merupakan perpanjangan atau bagian dari monolium yaitu monoliumstore.com.

Tentu keduanya aku jadikan satu di akun Domainesia ku karena ada fitur Unlimeted website pada layanan hostingnya. Bikin Portal berita bagus dan E-commerce standart luar negeri sendiri bareng sama Domainesia. Nah buat temen-temen yang mau bikin E-commerce bisa juga lewat DomaiNesia dengan salah satu fitur andalannya yaitu fitur Intant Deploy yang juga udah di rasakan 4 temanku sebelumnya. Nah nanti akan ku berikan gamabaran menegnai seperti apa fitur ini di bawah ini.

Gambaran dan pengalaman bersama Domainesia

Setelah bercerita mengenai bagaimana 5 tahun pengalaman membuat website mulai dari ensiklopedia, website organisasi, E-commerce, dan portal berita dengan DomaiNesia untuk membangun Indonesia, Saatnya aku mau ngasih sedikit gambaran mengenai Domainesia itu sendiri. Untuk detailnya temen-temen bisa melihat langsung ke website Domainesia. Penjelasan mengenai berbagai fitur, harga, dan kelebihan mengenai DomaiNesia sudah ada info disitusnya. Berikut cerita perjalanan panjangku bersama DomaiNesia selama 5 tahun dan alasan mengapa aku jatuh cinta dengan DomaiNesia :

1. Cinta Pada Pandangan Pertama

Teman-teman apakah sudah pernah berkunjung ke website DomaiNesia ? jika belum temen-temen langsung aja lihat di domainesia.com. Dari awal dulu aku lihat Domainesia langsung dari tampilan homepage rasanya langsung bilang “gila, websitenya aja udah keren gini“. tampilan interface UI / UX nya langsung ngena. Bahkan temen-temen langsung bisa langsung memperlajari seperti apasih DomaiNesia atau sepertiku yang sering banget ngecheck ketersediaan nama website atau domain lewat DomaiNesia karena mudahnya buat cari nama domain lewat homepage. Semua informasinya lengkap banget. Bahkan kalau temen-temen cari tips dan trick ngeblog atau website, temen-temen bisa langsung berkunjung ke blog webnya DomaiNesia di Domainesia.com/blog.

Ibarat orang jatuh cinta dari Fisik, langsung ngechek ke sifatnya. Nah bagian sifat inilah yang yakin lagi buatku berjodoh dengan DomaiNesia. Pelayanan yang baik apa lagi CS nya luar biasa baik dan ramahnya. Langsung disambut dengan hangat “ada yang bisa dibantu mas ?“. Jadi buat temen-temen yang kebingungan mulai dari mana, CS bakal senang membantu untuk memilih apa yang diinginkan temen-temen.

2. harga Super pas di kantong siswa sampai yang udah kaya

Percaya atau tidak temen-temen, harga DomaiNesia itu dari dulu sampai sekarang menurutku tetep aja segitu-gitu aja. Murah banget serius. Kebayang ngak temen-temen cuma pakai uang 200ribu setahun temen-temen udah bisa punya Domain .com sendiri beserta self hosting sendiri. Hostingnya sendiri temen-temen itu bisa dipilih mau di Indonesia, Singapore, Jepang, ataupun Amerika. Ditambah temen-temen bisa dapetin SSL gratis sehingga website temen-temen bisa muncul greenbarnya di pojokan (ini penting buat meningkatkan kepercayaan pengunjung dan Index SEO Google). Semua webisteku termasuk yang ini udah greenbar alias secure lho berkat SSL gratis DomaNesia. Kalau mau pakai SSL yang berbayar cukup mahal. check aja di domainesia.com/ssl. Domainesia juga lengkap menyediakan SSL buat web temen-temen. Tapi kalau ada gratis mengapa tidak ?

Penting dan menguntungkan juga temen yang sewa hosting juga ngak perlu dibayar pertahun, Bisa temen-temen milih mau di bayar bulanan, 3 bulanan, 6 bulanan, tahunan. Bayangkan temen-temen sebenarnya kalau bayar bulanan itu untuk kapasitas hosting 300 mb cuma Rp. 10.000,00 atau setara dengan harga nasi goreng diwarung. Aku pribadi pakai kapasitas 5GB untuk semua situs tadi dari Hewanpedia.com, StudentsxCEOs.org, Monolium.com, Monoliumstore.com, dan calon-calon domain lainnya karena ada fitur unlimited website. Aku pakai pilihan bayar bulanan agar tidak memberatkanku ketika pembayaran. Enak banget bukan ? Buat lebih lengkapnya temen-temen langsung check aja harga hosting di Hosting Domainesia. Jangan kaget kalau sebenarnya sewa hosting itu murah ya apalagi di DomaiNesia.

3. Fitur-fitur Unggulan dan Favorit di Domainesia

Sekali lagi temen-temen bisa menemukan berbagai informasi mengenai fitur-fitur DomaiNesia di website DomaiNesia. Tapi aku perlu menjelaskan dan menyampaikan selama 5 tahun ini fitur-fitur apa saja yang sangat kusenangin dan favorit di DomaiNesia. Berikut merupakan fitur yang unggulan dan favoritku dari Domainesia dan penjelasan singkatnya.

Bantuan Tiket yang Responsif dan Membantu

Setelah temen-temen melakukan pembayaran dan bingung mulai dari mana, temen-temen langsung bisa bikin tiket untuk mengatasi masalah temen-temen dan DomaiNesia akan siap membantu. Dari tiket yang ku bikin awal tanggal 22 Oktober 2012 sampai saat ini selalu di respon dengan baik. bahkan pernah jam 12 malam tiketnya masih ditanggapi.ini mantap. Nah kalau temen-temen pengen belajar sendiri tanpa bantuan tiket temen-temen baca aja panduan dari DomaiNesia yang super lengkap di Domainesia.com/panduan

Fitur Upgrade/Downgrade dan Renew Hosting

Fitur ini telah ku jelaskan juga di bagian website BklassAce sebelumnya. Jadi ketika temen-temen kapasitas udah penuh dalam waktu 1 bulan dan ingin upgrade ke selanjutnya, nah biaya akan diakumilasikan sama DomaiNesia. Jadi seperti dapat potongan harga dari pembelian sebelumnya. Terus kalau temen-temen lagi punya uang buat bayar bulan depan baik Domain ataupun Hosting temen-temen bisa banget bayar sebelum ditagih ama DomaiNesia lewat fitur Renew di panel Domain & Hosting DomaiNesia. kalau kepasitas kebanyakan juga bisa downgrade dengan mudah.

Nyari Duit lewat Afiliasi 

Buat temen-temen yang sering bantu temen-temen bikin website juga bisa nyari uang dari program Afiliasi DomaiNesia. Jadi nanti temen-temen akan dapat uang dari situ, dan temen yang mendaftar di afiliasi temen-temen juga dapat potongan diskon. Bahkan jumlahnya bisa sampai 30% dapat bagianya. Enak banget bukan ? Sama-sama untung. kalau temen-temen masih ngak percaya chek link Afiliasi Domainesia.

Fitur Cloud SSD dan Memcached Istance

Dua fitur tersebut keren banget. pasalnya website temen-temen akan jauh lebih cepat dengan Cloud SSD karena pengambilan data akan lebih cepat dibandingkan yang lain dan Memcached Istance yang merupakan fitur khusus yang dapat memberikan data ke RAM komputer yang akses webiste temen-temen sehingga akan jauh lebih cepat dan ringan. Plus kalau pengunjung lagi banyak, Dalam satu waktu temen-temen ngak usah takut website temen-temen down. Kebayang ngak ? kalau fitur Cloud SSD dan Memcached Istance kerjasama ? luar biasa cepat dan stabil. Teman-teman bisa buktikan sendiri dua fitur tersebut kolaborasi indah di DomaiNesia.

 

Dari Diskon, Lelang  Domain & Hosting, Sampai Give Away ! 

Selain berbagai pilihan fitur yang membuatku tertarik, hal yang satu ini juga ngak kalah menarik. temen-temen bisa ikut lelang domain atau hosting dan bahkan give away yang sering diadakan di Instagram Domainesia. Jangan lupa juga buat like Fanspage Facebook Domainesia buat uptodate, Siapa tau ada promo juga disitu. Selain itu Domainesia juga sering sekali memberikan diskon di hari Raya atau bahkan pada page 404 atau kesalahan link mereka. Coba aja kalau ngak percaya !

Fitur Instant Deploy 

Ini salah satu fitur favoritku dari DomaiNesia. Instant Deploy namanya, Jadi temen-temen bisa membuat webiste sendiri dalam berbagai jenis website hanya dalam hitungan detik dan mudah mulai sejak dari pendaftaran atau pembelian awal di DomaiNesia. banyak sekali pilihan yang tersedia mulai dari WordPress, Jomla, E-commerce dan berbagai pilihan lainnya bahkan untuk Developer. temen-temen bisa check dibawah apa saja yang bisa digunakan di fitur ini. banyak banget bukan ? selain itu  fitur ini sering banget ku gunakan ketika setelah selesai membeli domain atau bikin subdomain baru. Sangat membantu. Temen-temen bisa check mengenai datail nya mengenai apa saja yang bisa di bikin dari instant deploy di Domainesia.com/apps serta panduannya di Panduan Instant DeployYang paling terpenting fitur ini GRATIS dari DomaiNesia untuk pembelian segala jenis hosting !

Berbagai fitur-fitur luar biasa lainnya.

Pokoknya di DomaiNesia banyak sekali fitur-fitur dan berbagai kelebihan lainnya yang tidak bisa dijelaskan satu-satu karena terlalu banyak dan luar biasa untuk di ceritakan mulai dari Cloud Backup, CloudFlare Railgun, Patchman, Unlimited bahdwidth, Bit Ninja Scurity,  Antivirus, Softaculous, Unlimited Email, Free SSL, dan berbagai fitur yang sangat membantu teman-teman dalam membuat website. Untuk informasi hosting temen-temen langsung aja check ke Hosting Domainesia. Buat temen-temen yang benaran pengembang website profesional yang berbasis seperti linux untuk perusahaan atau e-marketplace ada juga pilihan Virtual Server Domainesia. Bahkan temen-temen bisa memantau langsung live status server Domainesia di Status Server Domainesia tanpa harus login.

Nah ini sedikit gambaran teman-teman mengenai pengalamanku 5 tahun bersama DomaiNesia mengenai berbagai pelayanan yang telah aku rasakan tersendiri dan membuatku puas sampai saat ini. Semua gambaran ini aku screenshot dari pengalamanku selama 5 tahun bersama DomaiNesia. Ini merupakan apa yang ada dalam panel ID DomaiNesiaku. Bagi temen-temen yang belum bikin akun domainesia ini aku kasih gambarannya.  Untuk lebih jelasnya temen-temen bisa klik slide gambar dibawah dan baca keterangan mengenai gambar tersebut.

memulai Membuat Website Bersama domainesia

Nah gimana setelah baca semua pengalamanku membuat website bersama DomaiNesia ? Kalau temen-temen tertarik dan ingin segera membuat website sendiri berikut aku share tips-tips dan langkah-langkah mendafarkan domain dan hosting di DomaiNesia : 

1. Daftar Akun Domainesia

Langkah awal dari membuat webiste DomaiNesia temen-temen langsung sign up / daftar di Domainesia yaitu domainesia.com/signup

2. Pilih hosting, Domain, dan beberapa fitur tambahan
  1. Ditahap ini temen-temen langsung aja masuk homepage Domainesia,
  2. Terus ketik nama domain yang diinginkan. Pilih ekstensi yang diinginkan semisal .com, .co.id, .net, .id. Nah setelah sudah muncul pilih paket hemat
  3. Pilih mana ukuran hosting yang ingin digunakan, Sesuaikan untuk kebutuhan. Untuk Pemula ku rekomendasikan di ukuran 300mb atau 750mb.
  4. Pilih juga lokasi hosting yang digunakan. Tipsnya pilih yang terdekat dengan target audience atau pengunjung webiste. Karena semua target pengunjungnya webku ialah Indonesia maka aku memakai Jakarta. Singapore juga pilihan yang baik.
  5. Pilih siklus pembayaran yang digunakan. Sesuaikan dengan kemampuan membayar teman-teman. Jika dinilai 1 tahun terlalu berat gunakan siklus di antara bulanan, 3 bulanan, dan 6 bulanan.
  6. Jangan lupa tambahkan addons domain Let’s Encrypt Free SS karena ini sertifikat SSL gratis dari Domainesia yang telah ku bahas sebelumnya.
  7. Check kembali nama domain yang disewa. Jangan sampai salah ketik atau Typo. 
3. Gunakan Instant Deploy

Sesuai apa yang udah aku infokan di atas inilah salah satu fitur terbaik dari DomaiNesia. Caranya : 

  1. Klik kotak centang Instalasi Otomatis (Web Apps )
  2. Pilih jenis website seperti apa yang diinginkan
  3. Jangan lupa isi Username dan password untuk login website setelah jadi. 

4. Lakukan Check out di troli

Setelah semua proses selesai, check kembali semuanya apakah pilihan domain dan hosting telah sesuai. 

Jangan lupa isi kode Promo, kalau tidak tau kode promo terdapat disemua media sosial DomaiNesia, Homepage, atau bahkan kesalahan page (404) Domainesia.  

Klik kotak centang juga dibawah bahwa Saya telah membaca, memahami, dan menyetujui Terms of Service

5. Lakukan Pembayaran

Lakukan pembayaran di DomaiNesia. Proses pembayaran akan terdapat notifikasi di email maupun sms. Lakukan pembayaran sesuai perintah. Untuk Aktivasi instant jangan lupa isi berita transfer sesuai perintah transfer. Jika masih belum terverifikasi tenang, temen-temen bisa verifikasi manual di halaman domainesia.com/konfirmasi

6. Mulai Membangun Website

Selah semua selesai teman-teman dapat langsung memulai dengan masuk di panel akun website masing-masing. Jika mengalami kesusahan silaahkan membuka tiket di halaman akun DomaiNesia masing-masing. Admin akan bersedia membantu. Selamat Berkreasi..

TERIMA KASIH DOMAINESIA

Jadi itu kisah sederhanaku mengenai perjalanan dalam membuat website untuk sendiri, orang lain, dan untuk negeri. semuanya benar-benar dari Domainesia. bener-bener undah 5 tahun lebih bersama Domainesia, Sudah bikin aku ngak pernah ragu dengan Domainesia. Pada saat ini Domainesia juga telah mencapai umur 8 tahun lamanya, pengalaman selama itu sudah tidak diragukan lagi bagi para blogger dan pengembang website. Sudah puluhan ribu blogger, pengembang, serta organisasi yang mempercayakan DomaiNesia sebagai patner. Temen-temen bisa check di testimoni Domainesia,Google, dan berbagai artikel lainnya. Jika bisa ku beri penghargaan, Domainesia merupakan penyedia layanan website seperti domain dan hosting terbaik di Indonesia. DomaiNesia juga merupakan karya dari Indonesia. Ternyata untuk kerja nyata membangun negeri Indonesia itu bisa dimulai dari hal sederhana yaitu membangun website berkualitas untuk berbagi dan website berkualitas dimulai dari DomaiNesia. Inilah Seribu Satu Cerita Membangun Indonesia Dari Dominesia.

Lebih 5 tahun lebih saya menggunakan Domainesia sehingga seribu satu cerita terukir bersama Domainesia dalam membangun website. Seluruh pelayanannya saya sangat puas dan saya beri 5 bintang untuk DomaiNesia. Kini berbagai karya digital saya dapat mengawali untuk turut berkontribusi membangun negeri. Membangun Indonesia mulai dari Domainesia 

Reezky Pradata

Web Developer & History Maker

Buat temen-temen yang pengen bertanya soal website, ingin berbagi pengalaman juga, atau mungkin ingin di bantu buat ngembangin website sendiri. kritik dan saran, feel free to contact me atau komen di kolom komentar ini. terima kasih..