Line merupakan suatu aplikasi yang digunakan untuk berkomunikasi atau berkirim pesan ( messanger / chatting ) secara gratis dalam smartphone yang dikembangkan oleh perusahaan dari Jepang yaitu NHN Corporation. Cirikhas yang paling melekat pada Line merupakan emoticon/stiker yang bisa digunakan pada saat chatting. Selain itu Line juga dapat digunakan untuk melalukan voice call dan video call secara gratis. Keberhasilan Line mulai muncul ketika penggunanya sudah berada di 230 negara diseluruh dunia dan jumlah penggunanya menyentuh angka 101 juta. Dalam kategori aplikasi gratis, Line berada di peringkat pertama di 42 negara : Swiss, Uni Emirat Arab, Arab Saudi, Thailand, Hong Kong, Rusia, Swiss, Macau, Malaysia, Spaynol, Taiwan, Jepang, dan negara-negara lainnya.

Seiring perkembangannya, Line bukan saja menjadi aplikasi untuk mengirim pesan, melainkan menjadi aplikasi jejaring sosial karena terdapat fitur timeline yang dimana berguna untuk wadah berbagi status, pesan suara, video, foto, kontak, dan informasi lokasi.

Selain itu LINE juga memiliki aplikasi yang dinamakan LINE@ sebagai salah satu wadah platfrom untuk berbisnis. platfrom ini kian lama juga kian banyak penggunananya baik untuk bisnis, perusahaan, artis, atau sekedar share informasi. dan kebanyakan mereka menggunakan fitur ini untuk broadcast atau post di Timeline LINE. tapi sejujurnya dalam perkembangannya, menurut sudut padang pribadi saya kian lama fitur Timeline LINE semakin membingungkan. Pasalnya ada berbagai bentuk yang muncul dalam Timeline LINE. mulai dari post yang disukai, yang di bagi, belum viral dari akun LINE@.

Bahkan kecenderungan ketika post pribadi muncul akan segera menghilang dari timeline kurang dari waktu satu jam. Jadi mungkin informasi yang di berikan atau di informasikan secara pribadi cenderung akan cepat menghilang.

Maka dari itu saya memberikan beberapa saran terhadap LINE Corp mengenai hal ini yaitu memisahkan antara timeline post dari pribadi dengan post dari LINE@ baik termasuk yang disukai maupun di bagikan secara pribadi. Hal tersebut untuk menghindari keduanya saling menutupi satu sama lain. al ini juga akan memudahkan pembaca untuk membedakan mana update dari teman mana update an dari LINE@. Mereka memiliki segmen dan ruang lingkup yang berbeda dalam informasi.

Berharap postingan ini dibaca oleh pihak LINE karena sejujurnya saya sendiri sudah mulai bosan untuk membaca tautan di Timeline LINE atau membuat post di Timeline LINE.