Salah satu obyek kegemaran dari pengguna instagram ialah memfoto makanan. Kemudian selanjutnya munculkah kebiasaan orang untuk mengambil foto sebelum dimakan. Kebiasaan muncul akibat kemudahan dan kualitas hp yang tinggi dengan harga yang murah. Tapi tahukah kamu bahwa mengambil foto makanan itu tidak  semudah yang terlihat. Butuh beberapa cara khusus untuk melakukan teknik foto ini.

Berikut aku coba memberikan tips untuk food photography Instagram :

  1. Cari cahaya yang natural

Cahaya menjadi elemen dasar untuk menghasilkan foto yang luar biasa. Apabila ada kesalahan dalam cahaya maka hasil yang telah dijepretpun akan kurang maksimal. Maka dari itu sebelum mengambil foto, unsur cahaya harus diperhatikan terlebih dahulu. Buat kamu yang tidak memiliki peralatan untuk menghasilkan cahaya seperti flash atau lampu, cahaya mataharilah yang paling sangat membantumu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Jika kamu ingin mengambil foto yang berada dalam rumah, maka carilah lokasi yang dekat dengan sinar matahari seperti halnya didekat jedela atau pintu. Diusahakan juga jangan mengambil foto langsung di bawah sinar matahari karena ini akan menghasilkan bayangan tangan atau kamera di fotomu. Jadi carilah sinar matahari yang menerpa dari samping.

Selanjutnya apabila kamu berada di Restoran dengan menu yang sangat instagramable, usahakan kamu memilih tempat dekat dengan sinar matahari atau tempat-tempat dekat cedela. Jangan sampai memilih tempat yang kurang cahaya atau berada di tengah-tengah restoran. Biasanya kalau kamu memilih tempat yang berlokasi ditengah restoran. Hal ini untuk menghindari agar orang-orang disekitarmu tidak merasa terganggu. Selain itu hal ini memudahkanmu untuk bereksplorasi sudut mana yang terbaik. Karena terkadang apabila kamu ingin mengambil sudut dari atas maka kamu harus rela naik di atas bangku.

  1. Gunakan reflector

Mungkin bagimu mengunakan reflector terkesan dengan fotografi professional sama seperti ketika kamu mengambil foto melalui kamera DSLR. Akan tetapi dengan mengunakan reflector maka hal ini akan sangat membantumu untuk mendapatkan hasil yang maksimal terutama dalam komposisi cahaya. Dengan memakai reflector maka hal ini akan dapat mengurangi bayangan yang cenderung membuat fotomu kurang maksimal.

Tapi tenang saja. Reflector yang digunakan tidak melulu reflector yang digunakan untuk fotografi professional. Akan tetapi kamu dapat menggunakan beberapa alat yang berfungsi hampir mirip dengan reflector sesungguhnya seperti halnya kertas glossy, gabus putih, atau whiteboard.

  1. Ceritakan kisahmu

Hal yag paling menarik dari food fotography ialah mencerita kisah dibalik foto tersebut. Dengan adanya cerita dalam foto maka hal tersebut akan membuat orang akan lebih tertarik dengan fotomu. Menceritakan cerita tidak hanya dilakukan dengan membuat caption mengenai foto tersebut akan tetapi juga dari penampilan foto. Salah satu caranya ialah kamu bisa mengambil foto sarapan anakmu, foto bekalmu hari ini, foto bekal untuk liburan, atau mungkin foto snack-snack ringan. Dengan menceritakan suatu cerita dalam foto kamu juga bisa menyampaikan suatu pesan dari foto tersebut.

  1. Lakukan yang tidak biasa

Food photography tidak melulu menampilkan foto-foto makanan dengan kelihatan mewah atau utuh. Kamu bisa mengkreasikan berbagai penampilan makananmu agar terlihat lebih mmenarik.  Salah satunya mungkin kamu telah melakukannya ketika SMP atau SMA yaitu menulis melalui saos atau mayonese. Atau mungkin kamu bisa membentuk suatu huruf atau angka melalui buah-buahan yang disusun menyrepui bentuk tersebut. Apabila kamu memiliki kreativitas lebih kamu dapat memodifikasi makanan mu dengan bentuk yang unik unik seperti hal nya buah mangga yang berbentuk seperti puzzle, semangka berbentuk singa, atau bentuk-bentuk unik lainnya.

  1. Jangan takut terhadap bayangan

Tak bisa dihindari bahwa terkadang ketika kita mengambil foto makanan sering kali terkena bayangan akibat cahaya yang masuk tertutupi sesuatu. Namun jangan takut terhadap bayangan yang muncul. Terkadang bayangan justru  membuat fotomu terlihat lebih cantik dan bagus.

Akan tetapi foto jenis ini membutuhkan lokasi yang susai agar komposisinya warna antara gelap terang menjadi lebih sesuai. Kamu juga bisa mengarahkan fokus kameramu kepada bagian yang lebih terang untuk membuat bayangan yang terdapat semakin terlihat. Berbeda apabila kamu mengarahkan fokusmu kepada sisi gelap tentu hal tersebut akan membuat bagian yang terkena cahaya menjadi lebih terang sehingga obyek tak terlihat jelas.

  1. Gunakan aplikasi dan filter yang sesuai

Aplikasi menjadi kunci utama untuk membantumu meningkatkan kualitas fotomu. Usahakan dalam food photography ini kamu mencari aplikasi yang sesuai. Karena beberapa aplikasi mungkin akan membuat foto makananmu  menjadi tampak berbeda karena memiliki komposisi warna yang tidak natural. Maka dari itu pilihlah aplikasi yang menyediakan filter dan pilihan warna yang sesuai untuk food photography. Salah satu aplikasi yang dapat kamu andalkan untuk melakukan ini ialah snapseed. Aplikasi ini sangat memungkinkan untuk kamu mengatur cahaya, kontras, atau temperature. Sesuaikan juga dengan kemiringan foto. Usahakan foto tersebut lurus horizontal atau vertical sehingga terlihat lebih baik.

  1. Fokus !

Kunci dari maksimal foto ialah fokusnya fotomu terhadap obyek fotomu. Jadi sebelum mengambil gambar usahakan kamu yakin bahwa focus kamera menuju ke makanan mu. Karena apabila kamu tidak memberikan fokusmu terhadap makanan, maka hal ini akan merusak keindahan dari fotomu sendiri. Selain itu ketajaman foto juga akan berkurang. Untuk penguna iphone terdapat fitur lock focus. Hal ini akan membantumu untuk mengarahkan kameramu untuk tetap focus terhadap obyek makananmu.

  1. Sediakan pilihan

Sama ketika kamu sedang melakukan selfie, kamu akan mengambil beberapa foto selfiemu kemudian memilih kira-kira mana yang terbaik dari semuanya. Food photography juga harus menyediakan berbagai pilihan. Jadi ambilan beberapa foto ketika kamu sedang mengambilnya. Usahakan tak hanya dari satu angle tetapi beberapa angle. Karena tak semua makanan akan terlihat bagus apabila difoto dari atas, terkadang dari sampingpun foto akan terlihat jauh lebih menarik. Aku pribadi biasanya mengambil sekitar 10-30 foto. Kemudian aku pilih 2-5 foto yang menurutku terbaik. Selanjutnya hanya 1 fotolah yang akan ku upload.