Pagi hari merupakan hal yang membuatku sangat merasa bersemangat. Salah satu kebiasaanku pas bangun di pagi hari ialah teriak “pagi-pagi! Semangat!” ya ala-ala acara di Net TV. Tapi sejujurnya itu justru membuatku cepat bangun. Setelah itu ada beberapa kebiasaan yang aku lakukan setiap pagi hari di kosan. Ya kalau lagi di rumah sih jarang karena bangun pagi biasanya langsung nganter adik sekolah.

Tapi intinya aku mau share ke kalian bagaimana cara menjadikan pagimu luar biasa.

  1. Bangunlah pagi hari

Bangun pagi, kalau kamu bangun siang, maka namanya bukan bangun pagi. Lupakan. Intinya bangunlah sepagi mungkin, contoh sederhananya bangun pas mau sholat subuh. Habis itu jangan tidur lagi. Semakin bisa kamu bangun pagi maka akan dapat menyiapkan berbagai hal yang harus kamu kerjakan.

  1. Jalan-jalan

Ya setiap pagi aku selalu keluar dari kamar kos. Menikmati udara segar serta matahari terbit. Sunrise menurutku merupakan pemandangan terbaik untuk mengisi semangat. Selain itu udaranya juga sangat  segar sekali. Biasaya aku mengajak teman satu kosanku keliling komplek.

  1. Streaching

Hal ini juga sangat penting dilakukan di pagi hari. Pasalnya setelah kamu tidur berjam-jam badan kamu akan serasa sangat kaku sekali. Streaching akan membuatmu menghilangkan kaku tersebut, plus kegiaatamu ini akan membantumu untuk menjaga kesehatan tubuh.

  1. Membaca buku

Setiap pagi aku luangkan waktu 15-30 menit untuk membaca buku. Waktu segitu cukup memang untuk membaca 1 bab buku. Selain itu dengan membaca buku kamu bisa saja mendapatkan inspirasi dan semangat baru.

  1. Menonton Video

Ini juga kebiasaanku yang sangat menengkan. 15 menit cukup untuk menonton video-video pendek yang berisikan inspirasi, ilmu, atau motivasi. Beberapa video yang sering ku tonton di pagi hari misalnya, video Mario Teguh. Sampai sekarang aku masih suka dengerin beliau berbicara. Tapi aku sangat rekomendasiin kamu nonton Ted talk. Disitu kamu bakalan banyak ilmu mengenai hal yang belum kamu ketahui. Selain itu juga menambah kemampuan mendengarkan bahasa inggirsmu.

  1. Mandi

Mandi memang menjadi hal utama di pagi. Namun yang jadi permasalahan ialah orang bakalan mandi Cuma waktu waktu mau berangkat keluar rumah. Padahal ensensinya bukanlah itu. Akan tetapi mandi juga bisa membuat dirimu fresh menjalani hari. Biasanya setelah pagi aku berolahraga aku langsung mandi.

  1. Jangan lama-lama media sosial

Hmmmh.. kalau hal ini pasti selalu dilakukan setiap orang. Akan tetapi permasalahanya ialah orang kalau melihat medsos pasti akan berlama-lama dengannya. Dan biasanya cuma pindah-pindah medsos seperti habis dari RU IG pindah k RU Line terus RU path dan seterusnya. padahal hal tersebut sebenarnya sangat membuang waktumu. jadi usahakan untuk tidak terlalu lama untuk membuka medsosmu di pagi hari.

  1. Liat to do Listmu

Liat kembali todolist yang telah  kamu persiapkan semalam  sebelumnya.  Degan melihat kemabali todolist yang kamu buat maka kamu takan kebingunagan unutuk mengingat apa yang seharusnya kamu lakukan di hari tersebut.

  1. Sarapan Sehat

Sarapan sehat tetep menjadi utama dalam menghadapi setiap harinya. Biasakan makanlah sayuran dan buah-buahan di pagi hari. Tapi ingat, pada saat sarapan, usahakan jangan sampai terlalu kenyang. Hal ini untuk mencegah  agar kamu tidak mengantuk.

  1. Tersenyumlah pada kaca

Setelah mandi, cobalah untuk  tersenyum terhadap dirimu sendiri. Yakinkanlah bahwa kamu bisa untuk menghadapi hari ini. Cara ini bisa membuat kamu yakin dan optimis dalam menjalani hari.

  1. Ingat kembali Impianmu

Sebelum kamu keluar dari rumah atau mungkin dari kosan,tak ada salahnya untuk melihat list impianmu. Hal ini karena kamu akan mengingat kembali apa yang membuatmu semangat dan akan mem buatmu stay on track untuk mewujudkan impianmu.

  1. Berdoalah

yang paling harus diterapkan pada pagi hari. Ya berdoa merupakan hal yang paling penting. Pada saat aku bangun pagi aku sempatkan untuk bersyukur dan berdoa agar hari ini menjadi hari yang luar biasa. Selain itu usahakan untuk sholat dhuha. Karena seriusan, sholat dhuha memperlancar rejeki dan memberi nasib yang baik. Selain itu berdoalah sebelum keluar kamar. Lalu lihatlah apa yang akan terjadi pada harimu.