Namaku Reezky, aku mahasiswa ilmu komunikasi UGM angkatan 2013 yang jatuh cinta terhadap dunia blog sejak aku masih duduk di bangku SMA. Berawal dari sebuah buku pemberian teman yang bercerita mengenai blog, aku mulai merintis blog ku dari yang gak jelas sama sekali hingga saat ini yang bagiku cukup untuk di banggakan. Pengalaman blog selama 4 tahun inilah yang membuatku cukup mengerti mengenai dunia blogging atau website.

Aku ingat ketika dulu tahun 2012, awal-awal aku memiliki blog zonaikankita.blogspot.com. dengan trafik yang cukup banyak pada saat itu yaitu berkisar 1500 pengunjung perhari aku disarankan untuk berpindah domain ke .com. Pilihan pertama pada saat itu langsung jatuh kepada Domainesia atas saran temanku yang telah puas mengunakan jasa pelananannya pada saat itu. Akhirnya domain blogspot tersebut berubah menjadi zonaikan.com.

Tak puas dengan dunia ikan dan mancing, akhirnya aku mulai merambah ke dunia hewan secara keseluruhan dengan membuat website Hewanpedia.com. Misi utamanya ialah menjadi panduan atau wikipedia terlengkap mengenai dunia fauna di Indonesia. Tentu karena sudah percaya dengan Domainesia akhirnya urusan domain ku serahkan pada patner satu ini.

Lambat laun keduanya semakin besar. Bahkan zonaikan.com pada saat itu tembus dengan pengunjung 2500 perhari dan Hewanpedia.com tembus dikisaran 1500 perhari. Jumlah pengunjung yang cukup fantastis pada saat itu. Namun karena pada saat itu aku menginjak kelas 3 SMA yang harus berkonsentrasi pada UN dan mencari kuliah akhirnya aku memutuskan untuk menghentikan kegiatan blogging ku. Resikonya tentu jumlah pengunjung serta kualitas website akan menurun drastis.

Berkenalan dengan Domainesia

Sebelum melanjutkan perjalanankanku menjadi blogger mari kita berkenalan dengan apa itu Domainesia. Salah satu penyedia jasa layanan website ini merupakan yang terbaik menurutku. Domainesia sendiri merupakan merupakan sebuah perusahaan lokal yang bergerak sebagai provider atau penyedia layanan web hosting, domain dan juga layanan web.

cats2

Hompage yang ciamik

Diawali dengan first impression yang baik pada halaman homepage Domainesia menjadikan ku yakin dengan layanan hosting dan domain satu ini. Selain itu panel menu yang ada dalam Domainesia membuatku lebih mengerti daripada jasa-jasa sejenis lainnya. Easy to understand dan gak ribet intinya. Uniknya tampilan homepage siang sama malam berubah. Ini sih menarik buat aku. Ditambah waktu mendarat di homepage nya langsung di sambut meriah oleh admin yang bersedia membantu setiap kendala kita apabila kita kesusahan atau curhat bagaimana enaknya bikin website.

Tak hanya itu, usia dari Domainesia sendiri sekarang ialah 7 tahun. Tidak begitu tua tidak begitu muda. Usia yang matang untuk suatu brand. Walau usia juga belum menjamin kualitas brand, namun kualitas Domainesia sudah tidak diragukan lagi seiring berkembangnya waktu. Soal harga sewa jasa sih sangat sesuai dengan kualitas dan service yang diberikan. Gak mahal, gak murah, tapi pas dan berkualitas.

Dengan berbagai kemudahan juga Domainesia memiliki berbagai fitur yang mempermudahkan untuk membuat website dengan cepat dan dengan kualitas yang baik. Berikut merupakan fitur-fitur yang ada di Domanesia :

cats3

Buat yang begitu belum mengerti soal istilah dalam pengembangan website tenang saja. Domainesia memiliki panduan yang lengkap dan gampang dipahami oleh pemula. Aku sendiri juga banyak belajar dari panduan yang diberikan oleh Domainesia sehingga cukup mengerti dengan dunia website. Kalau masih bingung bisa tanya livechat admin Domainesia.

Sempat selingkuh

Kembali lagi kekisah perjalanan dalam dunia blog. Setelah mendapatkan kuliah akhirnya aku putuskan untuk kembali menghidupkan keduanya. Namun Karena pengunjung sudah down alias anjlok, akhirnya aku berpikir untuk mengabungkan keduanya menjadi satu di Hewanpedia.com. Selain itu juga bermigrasi dari Blogger ke WordPress dengan berbagai pertimbangan.

Tentu langkah awal ialah menentukan mana patner yang akan ku buat sebagai patner untuk sewa hosting karena wordpress membutuhkan hosting. Karena tidak begitu paham mengenai hosting akhirnya aku pasrahkan kepada patnerku di bidang IT. Jujur pilihannya bukan jatuh kepada Domainesia karena dengan berbagai pertimbangan. Namun tetap domain masih memakai Domainesia.

Berbulan-bulan pakai hosting disuatu jasa penyedia hosting akhirnya masalah muncul terkait dengan script yang error sehingga serverku di suspend dan situs Hewanpedia.com tidak bisa mengudara beberapa minggu. Akibatnya traffic blog anjlok padahal sudah dibangun ulang dengan susah payah. Aku mencoba menghubungi penyedia jasa tersebut terkait dengan masalah tersebut dan mencoba meminta tolong apakah bisa di bantu dalam memperbaikinya. Tiket yang ku kirim akhirnya di balas dan hanya diberi tau bagian mana yang error, Jujur aku bukanlah orang yang ahli di IT jadi tidak mengerti apa yang harus dilakukan. Dari situ aku mulai kecewa dengan layanan satu ini.

Balikan lagi dengan Domainesia

Berbulan-bulan seperti itu akhirnya aku putuskan untuk meninggalkan jasa tersebut dan mencoba hosting di Domainesia. Tak tanggung-tanggung aku langsung ambil yang 2GB biar sekalian buat beberapa server websiteku. Karena bisa dibayar selama bulanan atau 3 bulanan jadinya itu memudahkan aku untuk mengatur uang. maklum masih mahasiswa.

Awalnya sih ngiranya akan terjadi hal yang sama, tapi faktanya ternyata apa yang terjadi di hosting sebelumnya sama sekali tidak terjadi di Hosting Domainesia. Dari situ kepercayaanku totalitas jatuh kepada Domainesia untuk urusan patner dalam pembuatan website apapun itu.  

Layanan tiket yang tak pernah mengecewakan

cats

Sebelumnya aku pernah singgung soal urusan tiket di penyedia hosting lainnya namun mengecewakan. AKAN TETAPI, dari setiap tiket yang saya buat sejak 22 Oktober 2012 pukul 11:00 hingga tiket terakhir ini 26 Oktober 2016 pukul 14:02, semua itu tidak pernah mengecewakanku. Aku selalu mendapatkan jawaban terbaik yang selalu diberikan oleh costumer service Domainesia. Bahkan jika teringat tiket di penyedia hosting sebelumnya aku selalu berpikiran negative, justru ketika di Domainesia saya postif-postif saja. Pasti akan ada solusi disetiap jawaban tiketnya.

Ketika teman bilang di domanesia lebih mahal

ada salah satu temanku yang mengatakan

“kik, Domainesia ki mahal lho, pake yang itu aja. Murah.”

wah begitu dia bilang gitu aku langsung bilang

ono rego, ono rupo. aku udah pakai ini lama dan rekomen. jadi ya biarkan aku setia sama yang ini”. Bagiku tidak apa-apa membayar lebih apabila kualitas mumpuni dan tidak mengecewakan. Lagi pula harganya sebenarnya kompetitif dan masih masuk kantong mahasiswa. 

Gak usah Ragu pakai Domainesia

Buatku pribadi sih aku udah sama sekali gak ragu untuk memakai Domainesia Karena memang sudah 4 tahun aku bersama Domainesia dan tidak pernah dikecewakan. Tapi mungkin aku hanya sebagian dari pengguna Domainesia yang tidak ragu lagi untuk mengunakan jasanya seperti dibawah ini:

cats4

Rekomendasikan tapi gak pake Refferal !

Di Domainesia sendiri ada fitur Refferal nih yang memungkinkan kamu untuk dapat bagian komisi dari Domainesa apabila teman kamu mau pake layanan Domainesia dengan mencatumkan kode link atau kode tertentu.

Namun buat aku sendiri, Karena sudah saking trustnya aku selalu selalu rekomendasikan Domainesia keteman-teman yang mau bikin blog pribadi atau organisasi di kampus atau luar kampus. Hingga akhirnya mereka juga memakai Domainesia hingga saat ini. Buatku sih udah gak usah pakai referral lagi. Aku sudah puas dengan layanan website satu ini. Bagiku senang bisa berbagi kepuasan tanpa harus memperhitungkan untung sendiri.

 

Cara membuat website 

Karena udah memiliki pengalaman yang cukup lama di dunia blogger seperti sebelumnya yang aku ceritakan, aku mau berbagai sedikit nih tips-tips untuk kalian yang ingin punya website sendiri baik buat personal blog maupun buat blog dagangan


  1.       Tentukan Konsep blognya

Blog atau website terdapat berbagai macam jenis. Diantaranya personal blog ( baik personal, atau organisasi), wiki blog (portofolio blog atau web isinya pengetahuan contohnya Hewanpedia.com), & commerce site ( buat olshop atau website yang langsung berhubungan dengan uang). Tentukan dulu nih mau yang mana. Baru pikirkan bagaimana arah perkembangan blogmu. Buat 5W+1H terhadap konsep webmu dengan detail. kamu sih bisa contoh blog atau website yang hampir sejenis dengan konsep webmu.


  1.       Pilih nama domain yang cocok

Nama domain ini jadi kunci dalam SEO website. Jadi nama domain ini gak bisa main-main. kalau bisa sesuaikan dengan namamu atau konsep blogmu. jangan panjang juga, usahakan hanya dua kata dan hindari angka. pastinya juga harus gampang diingat. misal, nama dari blogku adalah Hewanpedia makanya domainnya juga Hewanpedia.com. kalau semisal udah kepakai coba cari alternatif lain di nama domainnya. Misal .com sudah tidak tersedia, pakailah .co.id atau .net.

Santai saja, Domainesia memudahkanmu untuk memilih nama domain yang tersedia. Tersedia pilihan lengkap diberbagai jenis domain seperti dibawah ini :

cats5

Pilihan di atas sebanarnya masih sebagian. jika masih mencari alamat domain yang lebih lengkap dengan berbagai level bisa klik dibagian selengkapnya. ada lebih dari 30 pilihan yang membuatmu bisa milih. untuk harga juga sudah lengkapi kok.

Untuk biaya sewa sih buatku murah. soalnya sekitar 120rb untuk setahun menyewa domain .com. kalau di bagi perbulankan jatuhnya cuma rp. 10.000,00. tapi masing-masing berbeda sih kalau semisal ditambah beberapa fitur tambahan. intinya terjangkau dan dipastikan aman kalau pakai Domainesia.


  1.       Sesuakan kapasitas hosting

kalau urusan domain udah selesai, lanjut ke urusan hosting. ya walaupun seperti platform blogger tidak begitu memerlukan hosting, tapi sangat disarankan sih buat pakai hosting. karena Hosting itu adalah suatu space atau tempat di internet yang kita gunakan untuk menyimpan data-data situs kita. Entah itu situs perusahaan, situs pribadi, situs blog, dan lain sebagainya. Setiap situs yang ingin kita onlinekan sehingga banyak orang bisa mengaksesnya, harus disimpan pada suatu host.

Soal hosting sih tetap jatuh ke Domainesia, hal ini karena domainesia memiliki server di beberapa negara seperti Amerika, Jepang, Singapura, dan Indonesia. Sesuakan aja server dengan target audience atau pengunjung. Semisal websitemu akan mengulas mengenai trend fashion dunia dengan bahasa inggris, maka ambillah server di Amerika. Hal ini tentu akan membantumu meningkatkan SEO, mempermudah monotieze atau menjual iklan webmu dengan standar Amerika, dan mempercepat akses webmu.

Tapi untuk awal nya tidak usah terlalu besar. cukup pakai yang 500mb atau 1gb untuk awal. karena masih pada masa awal pembentukan. Setelah sistem websitemu bagus baru upgrade ke yang lebih besar. Domainesia memiliki berbagai pilihan kapasitas yang dapat disesuaikan dengan kebutuhanmu. apabila mau di upgarde maka dengan mudah untuk upgrade kapasitas hosting yang lebih besar. terdapat fasilitas juga untuk membuat hostingmu jauh lebih kece.

cats6

buat kalian yang mau bikin di awal, ini merupakan paket hosting personal yang ditawarkan Domainesia

 

untuk yang satu ini buat yang langsung memilih paket bisnis.

untuk yang satu ini buat yang langsung memilih paket bisnis.


  1.       Pilih platform yang sesuai

Carilah platfrom yang sesuai dalam membuat website kamu. ada berbagai pilihan seperti wordpress, blogger, jomla, dan beberapa lainnya. tentu hal tersebut memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. pastinya hal ini juga akan berpengaruh pada interface pengaturan website mulai dari tampilan serta sistem. akan ada beberapa kesusahan juga sih dalam mengembangkan website karena beberapa kerumitan yang ada.

namun tentang kesusahan ini, Domainesia punya solusinya nih. jadi di domensia ada fitur yang dinamakan instant deploy. jadi fitur ini memungkinkan kamu yang masih awaal bikin website kesusahan dalam mengembangkan. fitur ini memungkinkan buat kamu bikin berbagai macam jenis webiste mulai website pribadi hingga onlineshoop kamu. pokoknya kamu bisa lihat dengan klik gambar dibawah ini :

instantdeploy

                                                                         Klik aja biar tau apa itu Instant Deploy

kalau masih bingung dengan cara ini, tersedia berbagai panduan bagaimana cara membuatnya kok. selain itu jika masih kesusahan, domainesia akan membantu untuk mengenerate website kalian dengan platform yang dipilih,


  1.       Percantik tampilan

Penampilan juga merupakan unsur yang penting dalam membuat website. soalnya penampilan website menjadi penarik pengunjung untuk lebih kepo mengenai web kamu. selain itu, penampilan website yang baik juga tak sekedar visual. namun kemudahan dalam menjelajah website kalian. misalnya Domainesia, letak menu dan submenunya sangat baik sekali sehingga mudah untuk dipahamami juga. ibarat kita suka terhadap lawan jenis, secara tidak lansgung kita suka dengan penampilannya terlebih dahulu.

oya, setiap platfrom memiliki caranya masing-masing untuk membuat tampilan website. jadi pilihlah yang mudah untuk dipahami. menurutku sih paling enak ialah wordpress untuk urusan upgrade tampilan.


  1.       Tingkatkan kualitas konten

Setelah selesai dengan urusan visual atau tampilan, ini kunci yang penting dalam membuat website sendiri. kuncinya terdapat pada kualitas konten yang disajikan. kualitasnya harus bermutu, mudah dipahami, serta bermanfaat. ketiga aspek itu jadi kuncinya. selain itu, fokuslah kepada konten yang menjadi andalan websitemu. semisal mengenai foodblog, ya fokuslah terhadap makanan saja. itu juga akan membantumu dalam bidang SEO ( Search Enggine Optimization ).

 

itulah tips sederhana bagi kalian yang masih belajar untuk membuat website sendiri. aku sendiri baru paham setelah memahami 2 buku yang mengulas mengenai website atau blog. kalian masih bisa menemukan buku-buku tersebut di toko-toko buku seperti Gramedia kok. atau kamu bisa membaca artikel-artikel lain seperti panduan

Membuat Website Sendiri

Kesimpulan

Dalam membangun website diperlukan kosistensi dan keseriusan. gak bisa hanya sekedar buat kalau ingin menciptakan peluang untuk mencari penghasilan melalui website. dengan website kamu bisa berkreasi dan menunjukan seperti apa dirimu dalam dunia maya bukan hanya sekedar di media sosial. 

selain itu patner dalam membangunnya juga harus tepat. tidak bisa memilih yang sembarang. jangan tergoda dengan promo atau hal-hal yang berikan. Jatuh bangun membuat blog aku alami bersama dengan domainesia. bag ku 4 tahun bersama Domainesia hingga saat ini, aku sudah sepenuhnya percaya dengan jasa ini. Domainesia juga bukanlah produk made in luar, justru Domainesia karya anak bangsa, untuk anak bangsa.