Website, istilah yang udah gak asing lagi untuk era modern saat ini yang penuh dengan sinyal internet saat ini. bahkan bisa dibilang bahwa website adalah sumber informasi manusia modern selain buku. namun sebenarnya swecara makna, Website merupakan wadah sekumpulan informasi dalam berbagai halaman yang dapat diakses melalui internet diberbagai belahan dunia. isinya mulai dari tulisan, gambar, video, photo, suara, dan berbagai bentuk lainnya.

Namun tau kah kamu bahwa seiring berkembangnya dimasa saat ini, website memiliki berbagai jenis yang dapat dibuat  dan dikembangkan baik bertujuan untuk sedar membagikan informasi atau melalukan bisnis.

jadi apa aja yang bisa kamu website yang kamu bikin :

1. Blog

Blog merupakan salah satu jenis website yang fungsi utamanya lebih ke memberikan atau berbagai informasi. blog biasanya berperan sebagai salah satu media untuk memuat tulisan-tulisan serta gambar atau beberapa video. pengelola blog biasanya personal atau kelompok ( organisasi, komunitas, perusahaan ) dan memiliki tujuan dan topik masing-masing mengapa membuat blog tersebut.

pada saat ini ada beberapa platfrom untuk membuat blog baik untuk personal maupun kelompok. platfrom tersebut ialah :

  • Blogger ( bisa dikatakan penginisiasi platform develop blog. mudah dan gratis )
  • WordPress ( pengembang blog yang saat ini paling populer digunakan. menyediakan berbagai fasilitas yang mendukung kamu untuk mengembangkan blog )
  • Drupal ( Perangkat lunak sistem manajemen konten yang bebas dan terbuka yang di distribusikan dibawah lisensi GPL )
  • Joomla ( Sistem manajemen konten yang bebas dan terbuka  ditulis menggunakan PHP dan basisdata MySQL untuk keperluan di internet maupun intranet. mulai populer juga untuk membuat blog dikalangan blogger )
  • Ghost ( bukan hantu, melainkan Platform penerbitan open source yang dirancang dengan sederhana, mudah digunakan, dan gratis untuk semua orang )

2. Toko Online

Toko Online atau sering disebut sebagai olshop merupakan salah satu bentuk website yang bertujuan untuk menjual produk baik barang maupun jasa. biasanya website olshop dimiliki oleh beberapa usaha yang menengah keatas karena pembuatan olshop ini cukup rumit. namun saat ini ada beberapa platform yang memudahkan untuk membuat olshop tanpa harus mengenerate atau membuat dari awal seperti halnya :

  • PertaShop ( Software web instant yang dapat digunakan untuk membangun sebuah toko online secara gratis yang saat ini paling populer untuk membuat toko online )
  • OpenCart ( Sistem open source yang ditargetkan untuk belanja online berbasiskan bahasa pemograman PHP )
  • LiteChart ( Aplikasi toko online yang open-source dan gratis, dikembangkan dengan PHP dan MySQL )
  • Magento ( CMS open source yang berbasiskan e-commerce. )

3. Developer

Jenis webiste satu ini merupakan jenis website yang memang dikhususkan untuk orang yang gemar atau di bidang IT. website developer juga merupakan website yang dapat mengembangkan fremework php. jadi buat programer yang memang sedang mengembangkan suatu fungsi framework seperti paging, enkripsi, email, SEO, session, security, kalender, bahasa, manipulasi gambar, grafik, tabel bergaya zebra, validasi, upload, captcha, proteksi terhadap XSS(XSS filtering), template, kompresi, XML dan lain-lain, akan termudahkan dengan mengunakan website developer.

website developer pada saat ini juga sudah tersedia platform pengembanganya seperti :

  • Laravel ( Framework PHP dengan open source dengan desain MVC yang digunakan untuk membangun aplikasi website. saat ini Lavarel paling populer dan banyak di gunakan )
  • Codelgniter ( Salah satu framework php yang tangguh dan popular )
  • Yii ( Framework PHP berbasis-komponen, berkinerja tinggi untuk pengembangan aplikasi Web berskala-besar )
  • Bootstrap ( Front-end framework luar biasa yang mengedapankan tampilan untuk mobile device seperti smartphone, tablet dll )

4. Forum

Kalau mengingat jenis website satu ini pasti sebagian mengingat forum KASKUS. perusahaan yang besar akibat forum jual belinya ini merupakan salah satu contoh jenis website forum. tujuannya ialah untuk mencipatakan wadah untuk berdiskusi berbagai hal antar pengguna internet. website forum juga masih banyak digunakan untuk membahas topik-topik tertentu.

platform dalam mengembangkan website ini juga terdapat seperti halnya :

  • PhpBB ( Paket forum internet yang populer, ditulis dalam bahasa programming PHP. paling popluer bagi kalian yang mau mengembangkan website forum )
  • SMF ( Solusi Forum gratis yang mengijinkan pengguna untuk berkomunikasi di topik diskusi dengan judul yang telah ditentukan )
  • Vanilla ( Forum open source, standar compliant, forum diskusi yang dapat disesuaikan )
  • Moodle ( Paket perangkat lunak untuk kegiatan belajar berbasis internet yang menggunakan prinsip social constructionist pedagogy )

5. Lainnya

Selain ke empat jenis website tersebut masih ada lagi berbagai bentuk website yang bisa kamu buat. jenis-jenis website tersebut ialah

  • MediaWiki ( Paket perangkat lunak bebas wiki yang awalnya dibuat untuk Wikipedia )
  • RoundCube ( Aplikasi webmail pada cpanel yang berfungsi melakukan aktifitas kirim dan terima e-mail menggunakan web browser )
  • ZenPhoto ( CMS mandiri untuk multimedia website terfokus )
  • Gallery ( Web organizer album foto yang berbasis sumber terbuka )
  • osCommerce ( Program opensource e-commerce yang digunakan untuk mengelola perbelanja online berbasis web )
  • Concrate5 ( Sistem manajemen konten (CMS) open source untuk mempublikasikan konten di World Wide Web dan intranet )
  • UIKit ( Kerangka Front-End ringan dan modular untuk mengembangkan antarmuka web yang cepat dan kuat )
  • WHMCS ( Solusi all-in-one manajemen klien, penagihan dan dukungan untuk bisnis online )

 

Jadi kebayangkan bahwa Website itu memiliki jenisnya masing-masing. selain itu panel pengendali alias user interface juga memiliki berbagai bentuk sehingga setidaknya perlu belajar mendasar mengenai cara pengunaan platform-platform website tersebut.

Namun bagaimana kalau semisal kamu ingin membuat salah satu dari website tersebut cuma kamu kesusahan untuk membuatnya. terlebih jika kamu tidak memiliki background dibidang IT atau Coding yang memang akan menolong dalam pembuatan web ? tidak usah kawatir di Domainesia ada fitur yang namanya Instant Deploy seperti dibawah ini :

Instant Deploy

                                                                         Klik aja biar tau apa itu Instant Deploy

Jadi fitur ini merupakan fitur khusus yang dimiliki oleh Domainesia untuk membangun berbagai jenis website seperti diatas dengan mudah, cepat dan gak ribet. Jadi udah gak usah pusing-pusing untuk menyewa website developer yang mahal kalau memang bisa membuat sendiri bersama Domainesia

kalau kamu masih bingung untuk persiapan bikin website kamu bisa baca panduan :

 Membuat Website Sendiri

Jadi setelah pemahaman informasi mengenai berbagai jenis website yang bisa dibuat di atas. maka buat kamu yang masih mencari informasi mengenai bagaimana Cara membuat website udah gak bingung-bingung lagi nih.

oya jangan lupa untuk menjadikan Domainesia sebagai patner kalian dalam membuat website. karena dari aku sendiri udah 4 tahun bersama domainesia yang udah gak ragu lagi dengan jasa penyedia domain, hosting, dan pengembang website ini. kamu bisa baca ceritanya di

reezkyxdomainesiamob3

4 Tahun Berkreasi Ciptakan Website bersama Domainesia

 

Selamat berkreasi !