Beberapa waktu lalu aku coba check income report aku dari tahun ke tahun dan kaget ternyata income dari Side Hustleku di tahun ini berhasil mengalahkan total income dari monthly salary. Dari situ aku kepikiran untuk sharing mengenai bagaimana cara memulai side hustle yang ku rangkum dari 2 tahun pengalaman membangun Side Hustle. Semoga dapat membantu teman-teman semua yang ingin mulai side hustle tapi masih bingung darimana mulainya.

Pendapatan dari Side Hustle

Pendapatan Side Hustle

2018 kerja di FMCG Jakarta income full dari gaji, 2019 kerja di Startup Jogja dan mencoba side hustle yang akhirnya menyumbangkan dengan 34% total income, 2020 masih di Startup yg sama dan naik posisi tapi side hustle justru mendominasi 53% dari total income dan mengalahkan monthly salary.

Di Masa pandemi, Side Hustle kerasa banget manfaatnya dan jujur bikin ku merasa sedikit tenang di masa ini. Lalu gimana cara mulainya ?

Sama dengan prinsip Pareto

Hukum Pareto

Misal dalam satu hari kita punya waktu produktif dan energi dalam sehari 8jam maka 7jam untuk pekerjaan utama 1jam untuk sampingan. Nah waktu 1jam inilah yang bisa kita gunakan untuk mengerjakan Side Hustle. Dalam satu bulan kita punya waktu 30jam atau setara 4 hari pekerjaan utama. Banyak bukan ? Belum dengan Sabtu dan Minggu kalau temen-temen relain waktunya untuk Side Hustle.

Lalu bagaimana cara memanfaatkan waktu 20% ini ?

1. Lihat Peluang Sekitar

Lihat Peluang Sekitar

Sebelum memulai Side Hustle, coba perhatikan hal disekitar kamu dan apa yang kamu bisa lakukan kumudian cari peluang untuk dikonversikan menjadi ladang ’cuan’ baru. Paling enak adalah memulai dari hobi yang kamu sukai dan gemari tapi selama ini belum bisa memanfaatkannya untuk menjadi ’Side Hustle’. Menurutku pribadi rumus memulainya :

Hal bisa dilakukan + suka + potensi cuan = Side Hustle

2. Mulai aja Dulu !

Mulai aja dengan alakadarnya

Mulai dengan hal yang kamu miliki tanpa ada alasan ngga bisa atau ngga punya ini itu. Kreatifitasmu diuji pada tahap awal. Misal kamu mau side hustle menjual foto karena suka fotografi, mulai aja dari kamera HP tanpa harus punya kamera. Tips diawal jangan memberikan banyak modal terutama dalam bentuk uang diawal karena ini bisa jadi beban dan jadi bumerang. Investasi terpentinf diawal side hustle itu waktu dan tenaga.

3. Banyak Belajar dan Mencoba

Banyak Belajar dan Mencoba

Langkah selanjutnya setelah memulai adalah banyak belajar dan mencoba. Lakukan berbagai eksperimen macam-macam dari Side Hustlemu yang bisa buat kamu merasakan keberhasilan dan kegagalan. Prinsipku, makin banyak gagal maka aku akan semakin pinter dan perlahan akan membawa pada hasil yang inginkan. Lagian dampak resiko gagalnya juga minim.

4. Petakan Alur Kerjanya

Petakan Alur Kerjanya

Aku percaya setiap pekerjaan punya pola atau pattern. Setelah berbagai keberhasilan dan kegagalan itu coba kamu tuliskan dan petakan bagaimana alur dari Side Hustle yang kamu geluti saat ini dari awal hingga hasil. Ketika kamu sudah mengerti alurnya maka akan semakin mudah kamu menjalankan Side Hustle dan tidak akan seberat diawal.

5. Cari Cara Paling Efektif

Ngga cuma mengerti polanya, tatangan selanjutnya adalah membuat pola Side Hustlemu lebih efektif dan efisien. Temukan atau ciptakan sistem yang bisa membantu kamu untuk lebih efektif dalam mengerjakannya. Banyak tools yang bisa kamu kolaborasikan untuk mengefektifkan waktu dan pekerjaan Side Hustlemu. Sistem yang bagus akan membuat side hustlemu minim tenaga dan waktu. Ingat kamu hanya memanfaatkan 20% dari waktu produktif, make it count !

6. Lakukan 2-3 tahunLakukan 2-3 tahun

 

Tantangan terberat selanjutnya adalah konsistensi dan presistensi. Side Hustle susah terlihat hasilnya kalau ngga lama lakuinnya. Pengalamanku butuh lebih dari 1 tahun untuk mulai terlihat hasilnya. Jadi komitmen selama 2-3 tahun untuk Side Hustle. Jika hasilnya tidak sesuai ekspektasimu di 2 tahun setelahnya, kamu bisa memutuskan untuk lanjut atau tidak. Ingat, Side hustle is marathon game !

Mau Belajar Lebih ?

Aku berencana untuk membuat 1st online class mengenai “How to Start Side Hustle”. Isinya akan bagikan pengalaman Side Hustle dan ide-ide side hustle kedalam online class tersebut. Temen-temen juga bisa untuk bertanya dan diskusi mengenai Side Hustle yang akan teman-teman lakukan nantinya.

Durasinya 2 jam dengan Investasi kurang dari 100ribu. Untuk lebih intim ku batasi hanya untuk 30 orang persesi. Waktunya akan menyusul dan tidak menutup kemungkinan temen-temen yang mengatur kira-kira mau kapan.

Kalau berminat temen-temen bisa mulai mengisi formulir di blog ini untuk ku data cukup dahulu dengan isi Nama, Email, & Whatsapplangsung otw aja ke link :

Kelas Online Mulai Side Hustle

Case Study Hewanpedia.com

Logo Hewanpedia

Aku mengakat case dari Side Hustle pertama yg masih bertahan sampai sekarang. @Hewanpedia atau Hewanpedia.com, Bermula dari dulu 2012 atau jaman SMA suka blog dan nulis, Aku iseng untuk bikin blog yang berisikan info hewan yg ku suka.

Awalnya cuma pakai blog gratisan yaitu blogger. Prinsipku pokoknya mulai aja, ntar kalau ketemu alangan dijalan tinggal googling beres ! Dulu bikinnya juga dari laptop pertama yg lemot dan numpang wifi dirumah sohib.

Ngga paham cara nulis, ku cari cara nulis. Ngga paham ngekoding blog ku cari cara koding yg dipengenin. Termasuk Cara cuanin Hewanpedia aku coba dengan cara paling populer yaitu via Google Adsense. Adsense ini juga baru terwujud setelah 1 tahun Hewanpedia diaktifkan kembali di 2016 setelah 1 tahun banyak penolakan.

Banyak gagal dalam koding maupun nulis jadi makin paham cara blog itu bekerja gimana, ku coba tuliskan sebenernya nyawa blog itu adalah = konsistensi update + Kualitas penulisan + kualitas sistem

Untuk memenuhi ketiganya akhirnya mencari sistem yang membuatku paling minimal dalam mengerjakan Hewanpedia :

  • Konsistensi update saat ini mencoba untuk minimal setiap jam 5 ada artikel yang terbit di Hewanpedia
  • Kualitas penulisan, aku bikin kerangka penulisan yg tiap artikel tinggal ikuti kerangka yg ada aja plus dengan struktur SEO yang baik dan memungkinkan 1 artikel ditulis dalam waktu 10 menit.
  • Di kualitas sistem, aku memastikan pembaca mendapatkan UI UX yang baik untuk baca, dan membuat sistem otomatis yang menunjang mempercepat SEO dan baik dimata Google.

Akhirnya setelah 3 tahun hidup kembali Hewanpedia memiliki pengunjung dari 5000+/day dengan 130.000+ kunjungan perbulan dengan pertumbuhan yang baik tiap bulannya. Google Adsense Hewanpedia yang awalnya perhari cuma bisa beli permen sekarang perhari bisa buat jajan segelas kopi di Coffeeshop plus cemilan.

Waktu yang ku butuhkan untuk mengerjakan 1 bulan artikel atau 30 artikel di Hewanpedia adalah 3 jam. Sisanya tiap minggu luangkan waktu setengah jam untuk maintenance sistem dan lihat apa yang bisa ku kembangkan lagi. Total waktu mengerjakan Hewanpedia untuk 1 bulan hanya butuh waktu 5jam sisanya sudah dicover dengan tools autopilot.

Nah berikut ku kasih intipan sedikit mengenai berapa pengunjung Hewanpedia.com dari Google Analytics di kurun waktu 3 bulan terakhir. Aku pribadi seneng banget melihat hasil side hustle yang ditekuni sedikit-sedikit menjadi bukit dan jadi kebanggaan.

Pengunjung Hewanpedia

Pengunjung Hewanpedia

Oya buat yang beriklan terkait usahanya di situs Hewanpedia feel free buat kontak aku ya di halaman kontak atau klik link dibawah :

Hire me

 

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Reezky Pradata S*****a (@reezky11) pada