Gw masih ingat dulu 2014 teman gw @DidiArdians sewaktu rapat organisasi di warung nasi goreng nunjukin kalau dia pakai aplikasi namanya Money Lover untuk mencatat keuangannya. Akhirnya sejak itu gw pakai aplikasinya hingga saat ini dan dapat banyak manfaatnya. Gw akan share tentang cara pakainya seperti apa dan manfaatnya apa aja.

Manfaat Mencatat Keuangan Pribadi

Sebelum ngomongin caranya gw kasih manfaatnya apa aja kalau kalian rajin mencatat keluar masuk uang. Mulai dari :

  1. Melihat report berdasarkan kategori dan melihat dimana pengeluaran terbanyak hingga paling kecil.
  2. Mengatur budget dari masing-masing kategori
  3. Tahu perkembangan pendapatan dari waktu ke waktu
  4. Bisa membantu mencatat utang-piutang
  5. Membantu menentukan kebijakan keuangan pribadi

Lumayankan ? Lalu gimana cara gw bisa konsisten mencatat ?

1. Tidak perlu dicatat langsung

Ini menurut gw paling penting biar bisa konsisten dalam mencatat pengeluaran dan pemasukan adalah jangan live time catatnya. Kenapa ? Karena akan repot menurut gw tiap kali keluarin uang kita harus catat disaat itu juga.

Gw pribadi selalu mencatat dalam satu waktu setiap hari. Misal malam hari sebelum tidur inget-inget apa yang di keluarin hari ini dari bangun tidur hingga mau tidur dan gw selalu catat via laptop karena lebih cepat dan mudah dari pada catat di HP. Tenang aja dia otomatis sinkron antar device.

2. Sesuaikan kategori

Kalau kalian menemukan transaksi baru dan bingung mau dimasukin kategori yang mana dalam MoneyLover maka saran gw kalian perlu menyesuaikan ulang kategori seperti menambah kategori baru.Jangan lupa juga buat sub-kategori setiap kategori untuk bisa lebih dapat transaksi detailnya. Gw kasih contoh pengaturan kategori gw di bawah :

Kategori Money Lover

3. Atur Budget setiap Kategori

Kalian juga bisa atur budget berdasarkan dengan kategori yang sudah kalian buat sebelumnya. Enaknya juga kalau semisal sudah mendekati limit budget kategori tertentu akan ada notifikasinya. Gw pribadi menentukan budget setelah melihat 3 bulan report pertama untuk melihat budget yang sesuai di masing-masing kategori agar ngga maksain dan sesuai dengan kebutuhan.

4. Mencatat Fix Cost

Punya biasa berlangganan tiap bulan ? Misal bayar Netflix, bulanan kartu ATM, bayar langganan website tahunan, iuran BPJS ? Di MoneyLover juga bisa mengatur transaksi berulang baik harian, bulanan, atau tahunan. Gw selalu pakai fitur ini buat catat transaksi berulang yang terkadang kelupaan tercatat atau tidak terasa agar ngga ada yang luput dari pencatatan.

5. Buat Summary di Notion

Gw ngga cuma mengandalkan MoneyLover dalam mencatat keuangan tapi juga pakai Notion untuk summary tentang budget, planing, keinginan, dan catatan keuangan gw. Gw kasih teaser sedikit tentang apa yang gw catat di Notion :

Personal Finance

Kesimpulan setelah 7 Tahun Mencatat Keuangan Pribadi

Rasa kekhawatiran atau axienty gw terhadap personal finance gw berkurang dan pikiran gw soal uang lebih tertata. Ini karena gw bisa melihat bagiamana ringkasan kesehatan keuangan gw, habis dimana buat apa saja, budget apa yang perlu ditekan, pendapatan mana yang bisa di tingkatkan lagi. Keputusan pembelian juga lebih logis ketika gw punya data keuangan gw sendiri. Pokoknya bagi gw mencatat keuangan pribadi adalah terapi gw mengatasi rasa kekhawatiran mengenai uang.