Bicara soal liburan, pastinya ini menjadi hal yang ditunggu-tunggu setiap orang. Tak terkecuali aku, aku sendiri merupakan salah seorang yang gemar liburan. Banyak sekali destinasi yang udah pernah ku kunjungi, mulai dari gunung, pulau, dan berbagai bentuk destinasi lainnya di Nusantara. Tapi diantara ratusan destinasi itu ada 3 cerita utama yang ingin aku share ke kalian.

Nah seperti apa keseruan travelling dan jelajah nusantara dari Bali, Banyuwangi, ujung selatan negeri, hingga tengah laut Jawa ? simak cerita berikut guys.

MENIKMATI BALI DAN BANYUWANGI DALAM SEKALI WAKTU

Pemandangan gunung Batur dari Pinggan Sunrise Spot

Beberapa waktu lalu aku sempat liburan ke Bali dan Bayuwangi dalam satu waktu. Banyak sekali tujuan yang bisa kudatangi di Bali. Karena kebetulan juga ada temen disana, jadinya biaya travelling jauh lebih murah juga. Destinasi yang ku datangi di Bali banyak banget, tentulah Bali ! kota sejuta destinasi. Mulai dari ujung selatan daerah Nusa Dua seperti Pantai Melasti, dan Pantai Tegal Wangi yang buat prewedding Hamish Daud dan Raisa. Itu secuil destinasi terbaik di Bali selatan. Waktu di Bali Utara aku berangkat ke Pinggan Sunrise Spot. Perjalanan sih dimulai jam 3, maklum waktu itu nginap di daerah Nusa Dua yang ada di selatan Bali, dan Pinggan Sunrise Spot di utara Bali. Tapi semua terbayar lunas setelah menikmati sunrise di atas gunung berlatar belakang Gunung dan Danau Batur yang memukau mata. Nggak hanya itu guys, pulangnya aku seklian menikmati secangkir kopi di Seniman Kopi Ubud. Suasanya yang cozy dan asyik buat ngobrol juga. Ah asyik bangetlah.

Menikmati Blue FIre Gunung Ijen

Lanjut bis dari Denpasar ke Gilimanuk aku menyebrang ke Banyuwangi. Destinasi utamanya tentu kawah Ijen dengan blue fire-nya yang cuma ada 2 di dunia. Buat kalian yang belum pernah mendaki, jangan takut. Jalur pendakian Ijen sangat bersahabat dengan pendaki pemula. Cuma sekitar 3 jam dari start point hingga puncak. Kalian bakal rasain sensasi mendaki di luar negeri karena waktu mendaki kalian banyak ketemu turis asing. Bahkan bisa sampai 70% pendaki turis asing. Selesai menikmati indahnya Ijen, lanjut menikmati Africa Van Java di Taman Nasional Baluran Situbondo. Disana kamu bakal rasain sensasi bener-bener di Afrika, padang savana luas, banteng, monyet, merak, rusa, wah pokoknya asyik banget disana. 2 destinasi terbaik liburan itu bisa dinikmati dalam satu waktu. Bocoran dikit, aku hanya mengeluarkan satu setengah juta untuk menikmati berbagai destinasi di Bali dan Banyuwangi. Murah bukan…

PERGI JALAN-JALAN KE TERUJUNG SELETAN NEGERI

Travelling Bareng di Pulau Ndana

Ini salah satu achivement terbaik bagaian travelling dalam hidup ku ! tau nggak ujung selatan Indonesia itu dimana ? kalau kata jingle iklan mie instant sih bilangnya pulau Rote kan ? padahal ujung selatan negeri bukan di pulau Rote, melainkan pulau Ndana!.

Ya pulau terujung seletan negeri ini hanya di huni satuan satgas penjaga perbataasan. Aku sempat berada disana selama dua hari satu malam. Pulau ini indah banget dimana kamu bisa snorkling, diving, lihat savana dengan rusa berkeliaran, patung Jendral Sudirman bertinggi 10 meter, jelajah keliling pulau, dan menikmati atap juataan bintang yang terlihat jelas dimata.

Resort di Nembralla Rote

Nah untuk menuju ke pulau Ndana, maka kita harus pergi ke pulau Rote dulu melaui jalur udara atau laut dari Kupang. Setelah itu kita langsung berangkat ke ujung barat pulau Rote atau di kawasan yang nggak salah menarik yaitu Nembralla. Disana merupakan kwasan resort terbaik untuk menikmati selancar. Bahkan katanya tempat berselancar terbaik di dunia nomer 2 guys ! pokoknya kalau kalian disana akan berasa liburan di resort pribadi. Masih sepi soalnya, Cuma fasilitas lengkap ! isinya sih bule-bule semua. Pokoknya kalian bisa merasakan sensasi pantai private deh.

TERDAMPAR DITENGAH LAUT JAWA, PULAU MASALEMBU dan keramaian !

Menikmati biru lautan di dermaga pulau Masalembu

Ini juga merupakan salah satu achivement travellingku yang kubanggakan. Sebelumnya tahu nggak guys ditengah-tengah laut jawa antara jawa dan Kalimantan terdapat satu pulau yang dulu sempat menjadi terkenal karena berdekatan dengan lokasi tenggelamnya kapal Tampomas yang dijadikan lagu Iwan Fals dulu. Bahkan beberapa waktu lalu dijadikan TV Serial di NET TV lho. Kalau di tanya keindahan pulau wah yang pasti eksotika pulau yang di tengah-tengah pulau ini bagus banget guys. Gradasi warna lautannya yang biru, udaranya yang sejuk, plus sepoi-sepoi angina laut yang enak. Warga sana juga ramah-ramah kok guys.

Tidak hanya di pulau Masalembu guys, ada lagi destinasiku selanjutnya diutara pulau masalembu, pulau masa kambing. tapi kita nggak kesana, kita cuma lewat aja waktu itu. destinasi selanjutnya ialah pulau Keramiaian. Pernah Dengar ? pastinya belum, pulau ini berjarak 4 jam dari pulau Masalembu melalui jalur laut. Disana kamu bisa menemukan garis pantai sepanjang 1 kilomater lebih dan pantainya tenang guys. Waktu pertama kali kesana seriusan berasa mampir di Maldives. Aku sangat percaya sih jarang banget traveller main kesini karena aksesnya hanya bisa ditempuh satu kapal yang beroperasi yaitu kapal Sabuk Nusantara 51 rute Surabaya hingga Kotabaru. Pokoknya ini destinasi travelling terunikku dan kebanggan menjelajah tengah laut Jawa Nusantara.

Main hamparan pantai surut yang luas di pulau keramaian.

Nah itu tadi 3 pengalaman travellingku ke beberapa destinasi di Nusantara. mungkin Bali dan Banyuwangi menjadi destinasi umum traveller, tapi Rote dan Masalembu pasti kalian belum pernah kesana atau mungkin belum kebanyang mau kesana. semoga setelah aku share beberapa pengalaman temen-temen mau liburan kesana ya. Soalnya kebanyakan orang pasti pernah merasakan dimana saat kita lagi penat banget, otak serasa nggak bisa buat mikir, mood kerja berantakan, itu semua permasalah orang kerja yang lupa liburan. Banyak banget ditemuin disekitarmu atau diri kamu sendiri.

Padahal liburan itu punya banyak banget manfaat yang bisa didapetin lho. Nah tau manfaatnya ? berikut manfaat utama liburan :

Z

Refresihing tubuh, jiwa dan pikiran

Ini nih manfaat liburan yang paling dirasain, tubuh jadi lebih fresh, jiwa jauh lebih bahagia, serta pikiran juga jauh dari kata stress. Makanya liburan itu nggak bisa dianggap remeh. Paling tidak harus di jadwalkan rutin untuk berlibur.
Z

Dapat Pengalaman dan orang-orang baru

Liburan tentunnya bermanfaat untuk mendapatkan pengalaman baru, sering justru ide-ide segar juga datang dari pengalaman liburan. Selain itu ketika liburan kita juga akan mendapatankan kenalan baru yang akan berfungsi untuk menambah relasi baru. Yang pasti pengalaman tersebut bisa kita ceritain ke temen-temen juga
Z

Membangkitkan semangat

Ketika semua anggota badan udah serasa nggak semangat, liburan bisa balikin semangat kamu yang udah loyo tadi. Baik deket maupun jauh, setidaknya liburan aja untuk semangatin diri sendiri.
Z

Menikmati waktu berkualitas dengan orang-orang
tercinta

Liburan juga bermanfaat untuk lebih mendekatkan kamu dengan orang-orang tercinta mulai dari keluarga, sahabat, teman-teman, pacar, atua mungkin gebetan.
Untuk memulai liburanmu ada banyak beragam cara untuk memulainya dari planning hingga pasca liburan. Ada salah satu tahap terpenting untuk memulai liburan yaitu cari kendaraan buat menuju destinasi, bisa aja lewat kereta, mobil, atau pesawat. Apalagi kalau jauh dan berbeda pulau, maka pilihan tepat untuk pakai pesawat.

Nah temen-temen tau nggak sih kalau saat ini itu ada salah satu aplikasi keren buat temen-temen traveler cari tiket pesawat. Macam-macam tiket pesawat ada, mau cari Tiket Pesawat Garuda Indonesia juga ada. Bahkan temen-temen bisa cari rental mobil serta booking. Aplikasinya ialah Skyscanner !

Jarak Kamu Dengan Liburan Impianmu cuma satu genggaman

Skyscanner merupakan global travel searching machine yang telah terkemuka di dunia. Di skyscanner kamu bisa bandingin jutaan penerbangan yang bisa kamu dapatkan mulai dari yang termurah, terbaik, dan tercepat. Didirikan oleh Gareth Williams, di Skyscanner kamu bisa cari maskapai penerbangan yang sesuai kantong melalui berbagai pilihan jam, jenis penebangan baik langsung/transit, dan barbagai pilihan harga. Tak hanya itu, di skyscanner kamu juga bisa cari hotel dan rental mobil, jadi waktu kamu travelling nggak usah repot-repot lagi cari hotel dan mobil.

Sebenarnya apasih yang akan temen-temen temuin kalau pesen tiket di Skyscanner dibandingkan dengan mesen tiket ditempat lain ? penasaran ? simak point-point berikut :

Z

Mudah cari harga terbaik dari yang terbaik

Nah ini salah satu bedanya dari skyscanner, jadi cara kerja skyscanner yang merupakan global travel searching machine ialah dengan cara mencari kemudian mebandingkan berbagai harga di berbagai situs penyedia tiket pesawat seperti Expedia, Tripsta, Ebookers, Tiket.com, dan berbagai penyedia tiket lainnya untuk disajikan ke kamu. Jadi kamu bisa cari harga terbaik dari yang terbaik. Satu lagi, tidak hanya pesawat, tapi juga hotel dan juga sewa mobil !
Z

Skyscanner gratis

Skyscanner tidak pernah mengubah harga tiket pesawat yang kalian beli lho alias no charge ! jadi harga yang kamu dapetin dan tertera di Skyscanner asli harga terbaik yang bisa kamu dapetin. Enak bukan ?
Z

Tombol "Mana Saja"

Di Skyscanner terdapat fitur paling menyenangkan menurutku pribadi, yaitu tombol ‘mana saja.’ Jadi Skyscanner bakalan ngasih list mengenai harga menuju ke berbagai destinasi dari yang termurah ke seluruh destinasi baik luar negeri maupun dalam negeri mulai dari bandara terdekat denganmu. Nih buat traveller yang sering bingung mau kemana, coba aja cari inspirasi destinasi yang ingin kamu tuju tapi pas di kantong.
Z

Price Alert !

Tahukan kalau harga pesawat itu bisa berubah-ubah setiap saat ? Nah buat kalian yang ingin dapetin tiket termurah ke destinasi impianmu tapi dapet harga termurah, temen-temen bisa aktifin fitur price alert. Jadi fitur ini bakal ngasih notif kamu jika ada perubahan harga mengenai destinasi favoritmu.
Z

40 Bahasa dan di berbagai Negara

Kata siapa Skyscanner cuma dalam bahasa Inggris atau Indonesia ? website dan aplikasi Skyscanner dibuat dalam lebih dari 40 bahasa dan diberbagai ! Gak perlu pusing atau bingung kalau cari tiket pesawat murah di Skyscanner waktu lagi travelling keluar negeri. 
Eh tau nggak sih Skyscanner juga telah mendapatkan penghargaan sebagai situs rekomen untuk mencari dan membandingkan penerbangan paling murah oleh berbagai media internasional seperti The Independent, The Guardian, BBC Radio 1, dan masih banyak lagi.

Nah buat yang pengen nyoba Skyscanner bisa langsung ke situsnya www.skyscanner.co.id atau download aplikasinya di Apple Store atau Playstore. Jangan kaget ya kalau berapa jumlah orang yang menggunakan Skyscanner. Banyak banget soalnya.

Sedikit berbagi nih mengenai impianm destinasi alias wishlist travellingku selanjutnya untuk menjelajahi nusantara.  Mana saja ? berikut destinasi yang ku inginkan. Siapa tau destinasi kita sama dan kita bisa jalan travelling bareng.

Rangkaian Gili Trawangan, Sumba, & Komodo

Eksotika Indonesia timur emang udah nggak diragukan lagi guys. Aku sendiri pengen banget menikmati rangkaian destinasi indah di timur Bali seperti halnya keindahan gugusan pulau dan laut di Gili Trawangan, menikmati savana dipenuhi kuda liar di Sumba, dan melihat lebih dekat satwa endemik Indonesia, Komodo.

Bali lagi, lagi dan lagi

Bali emang nggak pernah puas kalau Cuma sekali dua kali kesana. Soalnya ada ratusan atau bahkan ribuan destinasi di Bali yang bisa  di kunjungi disana. Nah pengen lagi balik untuk lebih menikmati Ubud dan Bali Utara.

Ujung utara negeri ! Pulau Miangas !

Kerena aku udah pernah ke ujung selatan negeri, maka aku pengen pergi ke ujung utara negeri. Dimana itu ? tentunya Pulau Miangas ! disana ada laut yang sangat cantik serta lokasi diving yang menakjubkan. Disana juga udah dibangun bandara lho, jadi aksesnya semakin mudah. Wah pasti akan jadi kebanggaan dan cerita tersendiri bisa keujung utara dan selatan negeri.

Mana saja hati senang..

Terkedang travelling random memang nyenengin. Tanpa ada rencana asal hati seneng pasti travelling bakalan lebih berkesan dan penuh tatangan. Kan juga udah ada tombol ‘mana saja’ di Skyscanner, jadi mau random travelling tapi cari yang budget pas kantong bisa banget. Aku sendiri pengen challange diri sendiri buat random travelling nantinya. 
Satu lagi nih buat teme-temen traveller, coba deh simak video berikut ini. Banyak sekali tesmonial mereka mengenai enaknya Skyscanner yang begitu mudahin mereka untuk cari tiket pesawat dan penginapan.

DISCLAIMER : Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh ID Corners dan Skyscanner.