Pengalaman ini sebenarnya sudah lama. Aku aklami sendiri pada tahun 2015 akhir lalu. Namun mengapa ingin sekali mencoba untuk membagi pengalaman waktu itu.

Dimulai semenjak selesai mengerjakan suatu proyek cukup besar aku mendapatkan rejeki. Masih bingungkan mau membeli apa, tapi pada saat browsing aku menemukan iklan penjualan jam tangan online di Lazada. Aku ingat bahwa saat itu aku sering sekali melihat harga jam di Lazada karena tertarik dengan diskonnya.

Karena habis mendapat rejeki akhirnya ya kuputuskan untuk membeli jam tangan di online shop ternama tersebut. Tak tanggung-tanggung aku membeli 4 jam tangan sekaligus untuk ibu dan kedua adikku. Aku melihat jam tangan tersebut harganya mencapai jutaan. Bahkan jam tangan yang ku beli saja mencapai 2,7 juta rupiah. Setelah didiskon rata-rata harganya hanya ratusan ribu bahkan tidak mencapai 200rb. Keempat jam tersebut memang di impor dari negara lain. Jadi membutuhkan waktu yang sangat lama dalam proses pengirimannya. Bahkan mencapai 3 minggu hingga 1 bulan. Cuma karena melihat diskon yang ditawarnkan lebih dari 80% akhirnya rela menunggu walau prosesnya cukup lama.

Setelah barang tersebut sampai dalam kurun waktu sekitar 3 minggu, pandangan pertama yang ku alami cukuplah kecewa. Pertama jam tersebut tidak di bungkus oleh box seperti jam-jam ketika dibeli di toko-toko jam. Hanya dibungkus oleh kertas dan gabus saja. Tulisan ini juga mewakilkan dengan 3 jam tangan lainnya yang kubeli bersamaan dengan jam tangan ku sendiri. Dari situ aku mulai curiga apakah jam yang ku beli memang salah atau jangan-jangan ada yang tidak beres. Setelah dibuka, jam yang dibeli memanglah Nampak sama seperti yang di gambar. Menarik dan bagus. Cuma mengejutkannya ialah jam yang jarumnya kecil atau apa lupa namanya tidak mau bergerak. Dari situ ku simpulkan bahwa barang yang kubeli bukannya orisinil alias KW.

Yang bikin terheran ialah mengapa barang KW perlu diberikan harga diskon dari sekitar 2,7 juta sampai ke 170ribu. Hal seperti itu bagi saya pribadi bukanlah diskon karena memang segitulah harga yang pas untuk barang tresebut. Untuk barang KW sebenarnya harga segitu memanglah wajar.

Memang sebelumnya saya juga telah curiga mengenai diskon tersebut. Saya melihat apakah memang diskon tersebut hanya untuk menghabiskan barang sisa gudang. Karena prosesnya lama jadi tidak ada yang membeli sehingga diskon masih berlanjut. Dalam keterangannya di Lazada juga tidak disebutkan mengenai barang tersebut ori atau tidak. Bahkan review barangnya juga bagus-bagus saja.

Setelah pemakian sampai sekitar 8 bulan. Jam tangan tersebut juga sudah error. Bahkan setelah di ganti batray, waktu yang ditunjuakn cenderung sering terlambat. Cat jam juga mulai memudar, bahkan dari satu bulan pemakaian.

Saya sendiri sebagai costumer merasa di rugikan dengan membeli barang tersebut. Saya sendiri juga kurang memahami apakah ini memang strategi dari Lazada atau toko penjual jam yang menjual alias pihak ketiga. Sekali lagi menurut saya tidak usah diberikan label diskon kalau memang barang tersebut tidak ori.

Saran saya bagi para pembeli ialah perhatikan dulu secara seksama diskripsi mengenai barangnya. Selanjutnya lihatlah review barang tersebut dari pembeli-pembeli sebelumnya. Belum tentu review bagus menjamin mutu kualitas. Pengechekan toko yang bekerjasama juag menjadi penting. Lihat track recordnya dan barang-barang apa saja yang dijual. Mungkin ada toko sejenis yang memang spesialis jualan KW tapi mengunakan strategi diskon ‘palsu’. Pertimbangankan juga harganya. Kata orang Jawa, ono rego ono rupo. Jadi ada harga yang mahal pasti mendapatkan barang yang bagus juga. tapi ingat, belum tentu juga harga yang tinggi menjamin kualitas yang bagus. Namanya juga belanja di online shop. Kamu gak akan bisa mengechek kualitas dari barang yang dilihat kecuali dari diskripsi atau review. Selain itu tidak semua barang yang dijual di Lazada itu KW. Sebagian setelah ku chek juga ada yang asli karena beberapa temanku beli barang juga disitu.

Harapannya semoga ini juga dapat menjadi perbaikan untuk Lazada dan selamat berbelanja untuk onlineshoppers.