Buat temen-temen yang ingin daftar berbagai jenis microstock aku buatkan disini untuk mempermudah kalian mendaftar. Masing-masing platform Microstock akan ku berikan ulasan sedikit terkait bagaimana pengalamanku berjualan di masing-masing platform karena kesembilan platform ini ku gunakan untuk berjualan stock. 

1. Shutterstock

Shutterstock Contributor

Pasti udah ngga asing lagi dengan Shutterstock ya ? Menurutku Shutterstock merupakan salah satu Mircrostock yang paling banyak pembelinya. Menjual di Shutterstock memiliki kesempatan yang paling besar untuk cepat terjual dibandingkan microstock lain. Dashboard kontributornya juga sangat mudah bagi pemula. Bisa dibilang kalau temen-temen maish belajar, Shutterstock adalah tempat terbaik untuk memulainya.

Kekurangannya adalah harga stock subscriptionnya atau harga terendahnya sangat sedikit yaitu $0.10 alias Rp. 1400,-. Jangan sakit hati ketika baru mulai mendapatkan uang segitu. Tapi kalau dapat pembeli yang mau bayar mahal, bisa jadi kamu dapat ratusan dollar dari situ. Oya minimal payout untuk Shutterstock adalah $35 dan akan dikirimkan via Paypal di awal bulan ketika saldo kalian di atas minimal payout. 

2. Adobe Stock

AdobeStock Contributor

Adobestock merupakan Microstock yang dibuat oleh Adobe sebagai salah satu fasilitas pelengkap apabila teman-teman membeli Adobe. Untuk harga yang dibayarkan kepada kontributornya juga cukup besar bisa mulai dari $0.30 atau Rp. 4500,- perdownload. Tapi rata-rata harga yang didapatkan di AdobeStock lebih dari $1. Menurutku ini yang paling tinggi diantara yang lain.

Pembelinya juga sudah cukup banyak mengingat banyak didunia ini yang menggunakan Adobe sebagai software editingnya. Dasboardnya juga sangat friendly dan mudah digunakan walau temen-temen baru mulai jualan Adobestock. Minimal Payout di Adobestock juga lebih rendah daripada Shutterstock yaitu $25. 

3. DepositPhotos

DepositPhotos Contributor

Depositphotos jadi salah satu Microstock yang baru namun perkembangannya cukup pesat. Aku pribadi merupakan salah satu orang yang yang gabung Mircostock ini karena undangan dari tim mereka. Pembelinya cukup banyak, namun kebanyakan foto dibeli dengan harga subcription alias harga paling murah. Tenang, Depositphotos memberikan royalti perfotonya $0.30 atau Rp. 4500,-. Masih mending daripada Shutterstock tapi menurutku masih dibawah Adobestock. Minimal payoutnya juga cukup besar yaitu $50. 

4. 123RF

123RF Contributor

123RF ini bukan microstock baru sebenarnya. Cukup lama mungkin seangakatan dengan Shutterstock. Sayangnya dulu dasboard contributornya tidak begitu enak tapi sekarang sudah berubah dan semudah Shutterstock. 

Untuk royalti yang dapatkan juga varian. Aku pribadi harga terendah yang kudapatkan adalah $0.20. Ya cukup lumayan menurutku. Pembelinya juga sudah mulai ada karena kemudahan membeli stock. Menurutku 123RF wajib juga untuk temen-temen coba. Minimal payoutnya adalah $50. 

5. Pond5

Pond5 Contributor

Pond5 salah satu Microstock yang spesialiasinya ada dijualan footage atau video. Aku coba jualan foto disini lebih susah lakunya. Nah salah satu temanku jual di Pond5 hasilnya lebih dari $40 pervideo. Angka yang fantastis kalau dibandingkan dengan Shutterstock. Layak dicoba untuk temen-temen yang mau jualan footage. 

6. Bigstock

Bigstock Contributor

Salah satu anak perusahaan dari Shutterstock. Harga perdownloadnya sama dengan Shutterstock lama sekitar $0.25. Namun kekuarangannya pembelinya tidak begitu banyak dan proses untuk jualannya menurutku cukup rumit. 

7. Eyeem

Eyeem Contributor

Eyeem merupakan Microstock yang fungsinya juga bisa menjadi sosial media. Jadi teman-teman bisa untuk komentar dan like layaknya Instagram di Eyeem. Selain itu juga bisa menjual foto melalui Eyeem. Harganya juga sangat variatif mulai dari sen hingga ratusan dollar. Kalau kamu beruntung foto kamu yang di upload di Eyeem juga akan didistribusikan ke Getty Images. Berapa dapatnya ? Salah satu teman di Group Facebook bebagi pendapatannya sampai $700+.

Kekurangannya apa ? Cari pembelinya cukup susah. Perlu kesabaran.

8. Dreamstime

Dreamstine Contributor

Dreamstine cukup memiliki pembeli karena ini salah satu microstock yang usianya cukup tua seperti Shutterstock. Fotoku sempat dibeli dengan harga rata-rata $1.5 dengan minimal payout $100. Kekurangannya adalah diletak proses submit foto yang bertele-tele karena harus satu persatu submitnya. 

9. Istock by Getty Images

Istock Contributor

Sama seperti Bigstock, Istock marger dengan Getty Images. Istock ini proses submitnya cukup mudah. Kendalanya hanya pada saat pendaftaran di awal karena harus melalui aplikasi kemudian Model rilis juga khusus dari Istock. Tidak seperti Microstock lainnya yang bisa numpang model rilis Shutterstock jadi kita tidak perlu untuk membuat ulang Model rilis. Royalti perdownloadnnya mulai $0.10.

Jadi itu kesembilan Microstock yang saat ini ku ikuti. Cukup banyak, saranku kalau teman-teman baru mulai cobalah untuk memulai dari Shutterstock terlebih dahulu baru setelah mengerti dikembangkan ke platform yang lain. 

Kalau ada pertanyaan bisa banget untuk kontak aku via DM di Instagram atau komentar dibawah. Oya feel free to share pengalaman dari jualan di masing-masing platform Microstock dikomentar ya.