Jualan Shutterstock akan sangat melelahkan dan bosenin kalau kalian ngga bisa effektif ketika lagi jualan stock di Shutterstock. Gw pakai beberapa software atau aplikasi yang hampir selalu gw pakai setiap kali nyetock. Software ini sangat memudahkan gw untuk mengoptimalkan dan mengefisiensikan waktu gw nyetock. Apa aja ? Mulai dari..

1. Adobe Lightroom

Gw wajib setelah dari kamera akan gw edit langsung untuk meningkatkan kualitas warna. Kenapa Lightroom ? Karena dia bisa edit banyak foto dalam satu waktu. Jadi akan sangat menghemat waktu teman-teman dalam editing foto yang sejenis dan kualitas foto makin oke.

2. Adobe Photoshop

Adobe photoshop gw gunakan untuk beberapa hal. Mulai dari menghilangkan logo, memanilpulasi foto jika diperlukan, dan mengedit model rilis agar tidak perlu di cetak. Sering kali kalian waktu jual Stock foto akan terkendala dengan ‘visible trademark‘ alias ada logo atau tulisan yang muncul. Makanya Adobe Photoshop akan menjadi sangat berguna buat temen-temen nyetock nantinya.

3. FileZilla

Kalau lagi punya banyak stock yang bisa diupload atau jualan video/footage wajib hukumnya menggunakan FTP. FTP yang gw rekomen adalah FileZilla karena sangat ringan plus gratis dan bisa dipakai di microstock manapun. Buat yang mau download langsung aja klik Download FileZilla.

4. Google Spreadsheet

Gw selalu nyatat semua metadata gw di Google Spreadsheet agar kalau semisal ada foto yg sejenis gw bisa pakai lagi metadatanya. Kenapa Gsheet ? Karena dia online, jadi ngga usah susah kalau pindah divice, kehapus, atau lupa save. Nah gw juga bagikan salinan spreadsheet gw dan bahkan kalian bisa contek semuat metadata ku baik untuk foto maupun footage. Kalau temen-temen berminat bisa langsung check di postingan bawah ini :

Microstock Database Library

5. Xpiks

Xpiks untuk masukin metadata agar langsung tertanam pada foto. Jadi tidak perlu submit ulang metadata setiap mau submit di Microstock manapun. Xpiks juga bisa menjadi FTP dan upload ke semua Microstcok dalam satu klik. Jadi intinya dengan Xpiks akan membantu temen-temen dalam memasukan metadata plus distribusikan konten ke berbagai macam Microstock. Gratis. Langsung aja klik Download Xpiks.

6. Imstocker

Imstocker adalah website keyword planner online untuk melihat keyword yang ada pada stock foto lain. Kelebihan Imstocker akan menggolongkan keyword berdasarkan popularity dan paling direkomendasikan. Jadi temen-temen yang sering mentok keywordnya dan bingung yang mau dibuang yang mana, Imstocker adalah pilihan yang oke. Langsung aja menuju Imstocker.com.

7. Notion

Notion adalah project management favorit gw saat ini. Gw pakai Notion juga untuk menyatat distribusi stock ke antar Microstock. Jadi gw bisa track foto ini sudah tersebar dimana aja dan berapa jumlah stock yang telah terapprove pada masing-masing platform Microstock. Download gratis di Notion.so.

Kalau ada pertanyaan dan pemikiran lain feel free untuk komentar di kolom bawah atau DM melalui Instagram @Reezky11. Semoga bermanfaat. Buat yang belum punya akun di Shutterstock dan kawan-kawannya, aku buat link pendaftaran mudah di DAFTAR MICROSTOCK.